Rekomendasi

Amankan Pilkades Serentak, Polres Sukoharjo Kerahkan 680 Personel

Senin, 10 Desember 2018 : 19.18
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sebanyak 680 personel bakal dikerahkan Polres Sukoharjo untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 125 desa Kabupaten Sukoharjo, Selasa (11/12/2018) besuk.

"Untuk pengamanan, kami mengerahkan 680 personel, dengan tambahan bantuan dari Brimob Detasemen C 60 Personel, Kodim 0726 Sukoharjo mengerahkan 120 personel,dan 1.200 Linmas yang tersebar di seluruh desa," terang Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi usai apel gelar pasukan pengamanan di Mapolres setempat, Senin (10/12/2018).

Dalam pelaksanaan pengamanan Pilkades nanti, dijelaskan Kapolres, rata - rata tiap satu anggota Polri akan mengampu dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibantu anggota TNI dan Linmas.

"Rata-rata satu anggota Polri membawahi dua TPS dalam satu desa, namun letaknya saling berdekatan sehingga jarak tempuhnya enggak sampai 10 menit," kata Iwan.

Namun begitu, jika ada TPS yang memiliki lebih dari 5 ribu DPT, maka jumlah personel yang diturunkan akan ditambah untuk bersiaga di TPS tersebut.

Kepada harinkota.com Kapolres mengatakan, untuk saat ini pihaknya fokus melakukan pengamanan pendistribusian logistik dimasing - masing desa dari kecamatan.

"Kami antisipasi gangguan saat pendistribusian logistik ke TPS jelang Pilkades. Logistik di setiap kecamatan sudah lengkap, tinggal menunggu pendistribusian ke setiap TPS,"imbuhnya.

Menyinggung potensi kerawanan, Iwan mengatakan, pihaknya memprioritaskan upaya preventif dengan melakukan patroli ke basis kediaman para calon kades sebagai antisipasi munculnya gangguan saat pelaksanaan pemungutan suara.

"Kami telah berkeliling ke setiap Kecamatan untuk melakukan tindakan preventif mencegah kampanye hitam dan pelanggaran-pelanggaran kampanye lainnya," pungkasnya.


Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More