Rekomendasi

Angkut 7 Penumpang, Pesawat Jenis Twin Otter Tergelincir di Bandara Kasonaweja Papua

Rabu, 12 Desember 2018 : 12.30
Published by Hariankota
JAYAPURA - Pesawat penumpang jenis Twin Otter Twin milik maskapai Alfa Trans dengan nomer register PK-ASE tergelincir di Bandara Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua.

Tergelincirnya pesawat yang mengangkut 7 orang dengan rincian 6 orang dewasa dan seorang anak itu terjadi sekira Pukul 08.15 Wit.

Kabidhumas Polda Papua, Kombes Pol.A.M Kamal pada wartawan menjelaskan pesawat yang diawaki pilot Tohirin terbang dari Bandara Sentani Pukul 06.40 Wit. Saat akan mendarat, cuaca di bandara hujan dan landasan tergenang air.

"Dengan kondisi itu, saat mendarat pesawat tergelincir melewati ujung lapangan terbang," kata Kamal, Rabu (12/12/2018). Badan pesawat nyaris terperosok ke jurang yang ada di depannya, namun beruntung ada saluran drainase (got) di depan landasan pacu hingga roda depan pesawat masuk ke dalam got.

"Jadi keterangan warga yang menjadi saksi mata, pesawat mendarat sudah berada di tengah landasan pacu, sehingga dimungkinkan juga pilot tidak bisa mengendalikan pesawat tersebut sehingga tergelincir dan keluar dari area lapangan terbang," ungkapnya.

Dengan kondisi ini, ketujuh orang penumpang termasuk pilot segera menyelamatkan diri. Satu penumpang mengalami syok.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya saja 1 orang dibawa ke Puskesmas Kasonaweja karena mengalami syok. Sementara pilot diamankan ke pos BKO Brimob Polres Mamberamo Raya untuk dimintai keterangan," kata Kamal.

Ada pun data sementara penumpang bernama Martinus, Ronald, Elly, Amos, Filipus, Aser dan Epi. Saat ini badan pesawat sementara dievakuasi ke landasan.

Jurnalis: Irfan Sanjaya
Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More