Rekomendasi

Bela Muslim Uighur, Ribuan Umat Islam Soloraya Turun ke Jalan, Desak Presiden Jokowi Bersikap Tegas

Jumat, 21 Desember 2018 : 19.16
SOLO - Diperkirakan berjumlah ribuan, warga Soloraya kompak turun ke jalan berkonvoi mengenderai sepeda motor dan mobil bak terbuka mengungkapkan solidaritas atas penderitaan warga muslim Uighur yang tertindas oleh pemerintahnya sendiri di China.

Selain diikuti laki - laki dan perempuan dewasa serta remaja. Dalam aksi yang digelar usai sholat Jum'at (21/12/2018) ini, beberapa peserta aksi juga terlihat ada yang membawa serta anak - anak. Gema takbir terdengar bersahutan mengiringi kehadiran peserta aksi yang datang dari berbagai penjuru jalan di bundaran Gladak, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo.

Sepanjang mata memandang, terlihat ratusan bendera Tauhid berbagai ukuran dan puluhan spanduk kecaman kepada pemerintah China dibentangkan oleh peserta aksi di jalan protokol yang letaknya tak jauh dari Balaikota Solo.

Berdasar rilis Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) yang diterima hariankota.com dari Endro Sudarsono, Divisi Humas dan Keorganisasian DSKS, Atas penderitaan muslim Uighur ini, umat muslim Soloraya meminta kepada Presiden Joko Widodo menggunakan jalur diplomatik dan hubungan bilateral selama ini untuk segera bersikap tegas kepada pemerintah China.

"Sangat diperlukan, Indonesia sebagai negara yang berdaulat bisa memutuskan hubungan diplomatik dengan China," sebut Endro mengutip surat terbuka yang ditanda tangani Ketua DSKS Mu'inudinillah Basri.

DSKS juga mendesak pemerintah melalui Presiden Jokowi agar ikut aktif melalui forum PBB menyuarakan kebebasan beragama muslim Uighur dan mengecam tindakan pelanggaran HAM pemerintah China.

"Dengan aksi ini, kami ingin menggalang solidaritas dunia internasiona, baik negara maupun lembaga HAM, LSM kemanusiaan untuk membantu muslim Uyghur," pungkas Endro.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Viral

Loading...

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners