Rekomendasi

Berkelakuan Baik, 30 Napi Rutan Klas I Surakarta Dapat Remisi Natal

Selasa, 25 Desember 2018 : 18.21
Published by Hariankota
SOLO – Kementrian Hukum dan HAM RI memberi Remisi atau pengurangan masa hukuman bagi 30 narapidan (napi) penghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Surakarta. Remisi tersebut diberikan khusus kepada warga binaan rutan yang beragama Katolik atau Kristen sebagai kado Natal 2018 dari pemerintah.

Informasi yang diperoleh hariankota.com, Selasa (25/12/2018), jumlah tersebut berkurang dari jumlah usulan awal yang dikirim ke Kemenkumham yaitu, sebanyak 32 napi.

"Sebelumnya, kami telah berkirim surat, mengusulkan remisi untuk 32 warga binaan. Namun dari Kemenkumham memutuskan hanya 30 warga binaan yang memperoleh remisi," kata Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IA Solo, Solichin saat dihubungi awak media.

Dijelaskan Solichin, pengurangan hukuman yang diterima 30 warga binaan ini beragam, mulai dari 15 hari hingga satu bulan. "untuk mendapatkan remisi, warga binaan harus memenuhi sejumlah persyaratan. Selain beragama Katolik atau Kristen, putusan perkaranya telah inkrah atau berkekuatan hukum tetap," terangnya.

Tak hanya itu, warga binaan rutan ini, minimal sudah satu tahun menjalani hukuman penjara serta berkelakuan baik. "Masa tahanan memang berpengaruh pada pengusulan remisi," sebutnya.

Diketahui, dari 30 napi yang mendapat remisi, 29 diantaranya berkategori Remisi Khusus (RK) 1. Sedang 1 sisanya mendapat kategori RK2. "Kategori RK1 itu, adalah napi yang mendapatkan masa potongan tahanan. Sedangkan katergori RK2 langsung bebas," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Akbar Nugraha

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More