Rekomendasi

Dapat SE Kemendagri, Disdukcapil Sukoharjo Bakar Ribuan e-KTP Rusak

Rabu, 19 Desember 2018 : 18.57
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sebanyak 14.416 keping e- KTP di Kabupaten Sukoharjo yang tak lagi terpakai karena berbagai hal, oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sukoharjo dimusnahkan dengan cara dibakar.

Pemusnahan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukoharjo, Sriwati Anita di halaman belakang kantor Pemkab setempat, Rabu (19/12/2018) siang.

"Yang kami musnahkan saat ini adalah keping e-KTP yang rusak, invalid, atau tidak terpakai lagi. Adapun e-KTP invalid itu chipnya sudah tidak bisa dimasuki lagi datanya ( tidak terbaca secara digital-Red)," terang Anita.

Kepada hariankota.com, Anita menyebut, jumlah e- KTP rusak sebanyak itu merupakan hasil pengumpulan mulai awal dilaksanakannya program perekaman yang dilakukan jajarannya di seluruh wilayah Kabupaten Sukoharjo.

"Jadi, ini sudah lama sekali kami simpan, karena amanat undang - undangnya memang begitu. Terhadap e-KTP yang rusak atau invalid memang harus disimpan," jelasnya

Menyinggung dasar dilakukannya pemusnahan, Anita mengatakan, pihaknya telah mendapat perintah dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Surat Edaran (SE) bernomor 470.13/1176/SJ tentang penatausahaan e-KTP rusak atau invalid.

Ada 4 hal dalam SE Kemendagri yang ditujukan kepada seluruh jajaran Kepala Daerah di Indonesia, dimana salah satunya meminta Kepala Disdukcapil untuk melakukan pendataan terhadap e-KTP yang rusak atau invalid di wilayah masing - masing.

Jika masih ada temuan e-KTP rusak atau invalid, maka harus dimusnahkan dengan cara dibakar. Disebutkan, pemusnahan dengan cara dibakar merupakan cara baru dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) pemusnahan e-KTP, dimana sebelumnya hanya dilakukan dengan pengguntingan.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Bagya Komang

Share this Article :

Video Amatir Hujan Deras Pemukiman Warga di Lereng Candi Cetho Terkena Limpahan Air

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners