Rekomendasi

Hasil Pilkades Serentak Sukoharjo, Petahana Masih Mendominasi Kemenangan

Selasa, 11 Desember 2018 : 21.49
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Pesta demokrasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 125 desa yang berlangsung di Kabupaten Sukoharjo telah selesai dilaksanakan.

Hasilnya, dari keseluruhan desa yang menggelar pencoblosan pada Selasa (11/12/2018), calon Kades petahana mayoritas berhasil merebut simpati masyarakat pemilih dengan mendominasi kemenangan.

Selain itu, dengan tersebarnya tempat pemungutan suara (TPS) di beberapa titik dalam satu desa, ternyata juga berpengaruh terhadap naiknya jumlah pemilih yang datang mencoblos.

Kabag Pemerintahan Desa Kabupaten Sukoharjo, Setyo Aji Nugroho yang akrab dipanggil Aji kepada hariankota.com  menyampaikan, berdasarkan pengamatan meskipun hasilnya belum ditetapkan, hingga pukul 19.15 WIB diperoleh data, mayoritas pemenang pilkades adalah petahana.

"Dari proses tahapan, mulai pembentukan panitia, pemungutan dan perhitungan, secara umum bisa dikatakan berjalan seperti yang kami harapkan," terangnya.

Namun begitu, Aji tidak menafikan jika dalam pelaksanaannya masih ada beberapa hal non teknis yang muncul, dimana disebutkan merupakan bagian dari dinamika demokrasi.

"Seperti tadi, kami juga mendapat informasi adanya euforia para pendukung yang melakukan konvoi. Tapi itu kan sudah bukan ranah kami lagi. Itu sudah ranah kepolisian untuk mengantisipasi agar jangan sampai menimbulkan gesekan antar pendukung," ujarnya.

Menyinggung tentang penanganan jika terjadi pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkades seperti money politic, Aji menjelaskan, berdasarkan regulasi akan diselesaikan sampai pada panitia pengawas tingkat kecamatan.

"Di Peraturan Bupati (Perbup) memang tidak diatur soal adanya sanksi pidana jika ada temuan pelanggaran semacam itu (money politik). Namun, Alhamdulillah sampai saat ini, semua persoalan bisa diselesaikan di panitia pengawas tingkat kecamatan," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More