Rekomendasi

Kawasan Wisata yang Diprediksi Padat Pada Tahun Baru

Senin, 24 Desember 2018 : 15.56
Published by Hariankota
Kawasan Wisata yang Diprediksi Padat Pada Tahun Baru (Foto: Iwan Iswanda/hariankota)
KARANGANYAR - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Karanganyar, memperkirakan, akan terjadi lonjakan pengunjung saat liburan akhir tahun 2018.

Mengantisipasi hal tersebut, Disparpora telah melakukan berbagai persiapan seperti kebersihan, keamanan, rambu di kawasan wisata, pengamanan tempat rawan di sekitar objek wisata, antisipasi parkir membeludak.

Hal tersebut dikatakan kepala Disparpora, Titis Jawoto, kepada hariankota.com serta awak media lain, Senin (24/12/2018). Menurut Titis, lonjakan pengunjung akan terjadi di lokasi wisata Tawangmangu dan Ngargoyoso.

“Didua wilayah ini kami perkirakan masih tetap menjadi primadona wisatawan mengisi waktu liburan di akhir tahun. Kami minta kepada pengelola wisata untuk mengutamakan pelayanan kepada pengunjung,” kata Titis.

Titis juga meminta kepada apara pengunjung untuk mewaspadai sejumlah titik rawan kemacetan menuju lokasi wisata.

Lokasi rawan macet menuju Ngargoyoso, jelas Titis berada di di pertigaan dekat Restoran Bali Ndeso, pertigaan Candi Sukuh, pertigaan dekat Tubing Senatah, utara Pasar Kemuning, dekat Lawu Park, dekat Cemoro Kandang, Plumbon di dekat Rumah Atsiri, dan dekat Ponpes Isy Karima atau Kampung Bahasa.

Sedangkan titik rawan kemacetan menuju lokasi wisata Tawangmangu, berada di Sumokado, atau gerbang Tawangmangu.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak. Sejumlah sukarelawan terlibat pada peningkatan pelayanan di sekitar objek wisata. Sukarelawan dari karang taruna dan warga sekitar berjaga di dekat tikungan maupun tanjakan menuju Candi Ceto. Mereka membawa ganjal dari kayu dan bersiap menggantikan sopir apabila belum mahir dan menguasai tanjakan sekaligus tikungan menuju Candi Ceto,” ujarnya.

Kepada para wisatawan, Titis menghimbau untuk tidak mengggunakan bus besar ke sejumlah lokasi seperti Ngargoyoso, Jumog, dan lain-lain. Itu demi mengurangi risiko kemacetan, kecelakaan, karena jalan sempit, tikungan, turunan, dan tanjakan tajam.

Disisi lain, sejumlah lokasi wisata di Karanganyar, mulai melakukan persiapan menyambut para pengunjung saat lliburan akhir tahun. Namun sebagian besar pengelola wisata tidak memiliki program khusus.

“Kita tidak ada program khusus. Kita lebih mengutamakan pelayanan kepada pengunjung. Saat liburan, para pengunjung akan kita sambut dengan reog. Kita juga tidak akan menaikkan harga tiket masuk,” kata pejabat humas Agrowisata Sondokoro, Teguh Sinung Nugroho.

Sementara itu, Wajib, pengelola Agrowisata Jambu Puja di Ngargoyoso, menawarkan paket outbond, edukasi, petik sendiri, dan pembelajaran produk olahan jambu. Harga paket Rp90.000 per orang.

Hanya saja liburan akhir tahun ini tidak semulus tahun lalu. Pasalnya menurut Wajib, di sekitar lokasi menuju lokasi agrowisata, ada pembangunan sehingga bus tidak bisa masuk. "Kami akan menjemput para pengunjung di terminal Kemuning sebagai salah satu bentuk pelayanan, kata Wajib, Senin (24/12/2018).

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Irawan

Share this Article :

Video Amatir Hujan Deras Pemukiman Warga di Lereng Candi Cetho Terkena Limpahan Air

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners