Rekomendasi

Kembangkan Desa Sesuai Kearifan Lokal Melalui Bursa Inovasi Desa

Selasa, 18 Desember 2018 : 19.01
Kembangkan Desa Sesuai Kearifan Lokal Melalui Bursa Inovasi Desa (Foto: Miadaada/hariankota)
BOJONEGORO - Sebagai upaya mengembangkan potensi desa di Kabupaten Bojonegoro dan menjaga kearifan lokal Pemkab Bojonegoro bekerjasama Pendamping Wilayah 4 (KPW) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) menggelar bursa desa se - Kabupaten Bojonegoro di GOR Bojonegoro, Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro.

KPW 4 P3MD Jawa Timur, Bakron Hadi menjelaskan, melalui kegiatan ini desa bisa melakukan usulan penggunaan dana desa. Dalam pelaksanaan bursa inovasi desa sekaligus untuk melihat desa di Bojonegoro sudah mempunyai desa yang berinovasi pembaruan, budaya dan lain-lain.

"Desa-desa di Kabupaten Bojonegoro sudah berinovasi sesuai kearifan dan meningkatkan sumber daya manusia," jelasnya, Selasa (18/12/2018). Ia menambahkan kegiatan ini bisa menjadi acuan bagi desa untuk mengembangkan potensinya masing - masing guna menyejahterakan masyarakatnya.

"Program ini menjadi salah satu kontribusi besar dalam melaksanakan amanat undang-undang desa. Agar desa berkembang sesuai potensi dan kearifan lokalnya," ungkapnya.

Di sisi lain Ketua Forum Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Bojonegoro, Abdul Rochim mengungkapkan tujuan bursa inovasi Desa ini untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah.

Serta insiatif atau alternative kegiatan pembangunan desa, dalam rangka peningkatan kualitas penggunaan dana Desa dalam rangka peningkatan kualitas penggunaan dana desa.

"Untuk menyampaikan dokumentasi bentuk-bentuk kegiatan inovasi desa, baik dari menu local maupun Nasional. Serta memberikan referensi dan mendorong pemerintah Desa untuk mereplikasi atau meniru kegiatan inovasi serta menganggarkan dalam APBDES. Sekaligus meningkatkan kualitas penggunaan dana Desa, melalui kegiatan inovatif yang sesuai dengan potensi okal desa," pungkasnya.

Setidaknya ribuan peserta Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Bojonegoro, para camat, Kades, Ketua BPD, dan para Pendamping Profesional program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa (P3MD), se - Kabupaten Bojonegoro hadir, pada acara yang dibuka langsung oleh Bupati Bojonegoro Anna Muawanah.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Rahayu

Bagikan :

Video Amatir Hujan Deras Pemukiman Warga di Lereng Candi Cetho Terkena Limpahan Air

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners