Rekomendasi

Kembangkan Kelompok Ternak, Pemkab Karanganyar Gelontorkan Bantuan Hibah Rp 2,3 Miliar

Selasa, 18 Desember 2018 : 19.10
Published by Hariankota
Kembangkan Kelompok Ternak, Pemkab Karanganyar Gelontorkan Bantuan Hibah Rp 2,3 Miliar (Foto: Sapto Nugroho/hariankota)
KARANGANYAR - Sebanyak 51 kelompok ternak di Kabupaten Karanganyar menerima bantuan Dana Hibah Tahap I dari Dinas Perikanan dan Peternakan yang diserahkan langsung oleh Bupati Karanganyar Juliatmono dengan total nlai Rp. 2,3 miliar.

Bantuan hibah tersebut pembagiannya, untuk 41 kelompok terdiri ternak Kambing dan Sapi dengan jumlah yang diberikan besarnnya bervariasi dari Rp 30 juta hingga Rp 150 juta. Sedangkan 10 kelompok sisanya adalah budidaya perikanan dengan masing - masing mendapatkan Rp 19 juta.

Kepada masing - masing pengurus kelompok ternak yang hadir dalam penyerahan bantuan di aula Bank Jateng cabang Karanganyar, Selasa (18/12/2018), Bupati mewanti - wanti agar dana yang diterima digunakan sebagaimana mestinya.

"Saya ingatkan, duitnya jangan terus di bagi - bagi. Jangan sampai setelah dana diterima, besuknya tahu - tahu langsung habis ,nggak jelas penggunaannya," kata Juliatmono dihadapan penerima bantuan.

Dijelaskan Bupati, tujuan pemberian bantuan hibah adalah agar peternakan di Karanganyar makin maju. Hal ini berdasarkan kondisi geografis tanah, dimana yang paling memungkinkan untuk dikembangkan adalah peternakan.

Salah satu pengurus dari kelompok ternak penerima bantuan, Adi, yang mengaku mempunyai kelompok Budidaya Ikan Mina Tugu Boto, Desa Klodran, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, mengungkapkan menerima bantuan hibah sebesar Rp 40 juta.

"Yang jelas, dana hibah yang saya terima ini tidak diberikan kepada anggota. Mekanismenya, akan dipakai untuk membeli pakan ikan, sesuai kebutuhan kelompok,” kata Adi kepada hariankota.com usai menerima bantuan.

Menurut Adi, kelompoknya menaungi 10 peternak ikan yang khusus membudidayakan jenis Nila. Dimana selama ini kesulitan berkembang akibat terbatasnya modal. "Kebutuhan utama yang diperlukan saat ini adalah ketersediaan pakan dan jaring. Karena itu, adanya dana hibah ini telah meringankan beban pengeluaran," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More