Rekomendasi

Kemendag RI Jamin, Jelang Natal dan Tahun Baru Tak Ada Gejolak Harga Bahan Pokok

Rabu, 19 Desember 2018 : 21.41
SUKOHARJO - Meningkatnya kebutuhan bahan pokok mendekati perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini telah diantisipasi oleh Kementrian Perdagangan (Kemendag) RI dengan rutin melakukan pantauan bersama - sama dinas terkait di Pemerintahan Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mengambil langkah mencari solusi.

Hal itu dikatakan Staf Khusus Menteri Perdagangan RI Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana disela kegiatannya menghadiri Expo 100 persen UMKM di area parkir Hartono Mall, Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

"Menyambut perayaan hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru tahun ini. Sejauh ini, kami melihat tidak ada lonjakan harga di pasar," kata Eva

Eva menyebut, setiap menjelang perayaan hari besar keagamaan, pihaknya bersama - sama pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten /kota terjun langsung ke pasar - pasar memonitor pergerakan harga.

Selain itu, melalui jalinan koordinasi yang sudah tertata dilapangan, Kemendag juga memonitor seberapa banyak stok kebutuhan pokok itu tersedia di tingkat masyarakat yang paling rendah.

"Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan kepada masyarakat, bahwa mendekati Natal dan Tahun Baru tidak perlu khawatir akan terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok," tegasnya.

Senada, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi (Disdagkop) dan UKM Sukoharjo, Sutarmo yang turut menyertai Eva menambahkan, selama ini, pihaknya selalu rutin melakukan pantauan di pasar - pasar tradisional.

"Namun begitu, memang tidak menutup kemungkinan terjadi gejolak harga kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru kali ini" kata Sutarmo. Berdasarkan pengalamam sebelumnya, setiap perayaan hari besar keagamaan selalu terjadi lonjakan konsumsi, salah satunya gas melon 3 kg.

"Untuk itu kami, hari Kamis (20/12/2018) besuk akan melakukan sidak ke pengecer - pengecer di beberapa pasar tradisional. Adapun untuk saat ini secara keseluruhan, tingkat ketersediaan dan harga bahan pokok cenderung masih stabil," imbuhnya

Sutarmo pun menjanjikan, jika nantinya terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga di atas batas kewajaran, maka pihaknya siap menggelar operasi pasar guna memutus mata rantai distribusi yang ditenggarai menjadi biang lonjakan harga.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Rahayu

Bagikan :

Video Amatir Hujan Deras Pemukiman Warga di Lereng Candi Cetho Terkena Limpahan Air

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners