Rekomendasi

Kurun Waktu 2018, Petani di Sukoharjo Kerap Jadi Korban Curranmor

Senin, 31 Desember 2018 : 22.04
SUKOHARJO - Selama kurun waktu Januari - Desember 2018, Polres Sukoharjo mencatat ada 143 kasus kejahatan konvensional yang dilaporkan dengan berbagai jenis kejahatan. Dari jumlah tersebut,sebanyak 104 kasus dapat diselesaikan ke tingkat pengadilan

Berdasarkan data yang disampaikan Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi dalam paparan Kilas Balik 2018 di Mapolres setempat, Senin (31/12/2018), secara keseluruhan terjadi penurunan angka tindak kejahatan dibanding tahun 2017 lalu.

"Salah satunya curranmor. Tahun 2017 ada 34 kejadian, turun menjadi 21 di tahun ini (2018-Red)," papar Kapolres.

Namun begitu, ada yang menarik dalam kasus ini. Disebutkan Kapolres, banyak korban curranmor di Sukoharjo merupakan petani. Kebiasaan mereka saat pergi ke sawah menggendarai sepeda motor rupanya jadi sasaran empuk pelaku kriminal.

"Jadi, saat petaninya lengah karena sibuk bekerja ditengah sawah. Sepeda motor yang biasanya ditinggal di pinggir jalan ini, disaat lengah dari pengawasan tahu - tahu sudah di curi orang," kata Kapolres.

Kepada hariankota.com, selain curranmor yang didominasi dengan modus merusak kunci, Kapolres mengatakan, kejahatan pencurian dengan pemberatan (currat) juga terdata mengalami penurunan. Angkanya, dari 73 kasus di 2017, turun menjadi 58 kasus tahun ini.

"Untuk currat ini biasanya menimpa pemukiman yang sepi. Makanya penurunan ini juga tak lepas dari intensifnya patroli anggota disemua jajaran dari seluruh polsek yang ada," terang Iwan.

Sementara, untuk keberhasilan mengungkap kasus narkoba, Kapolres mengatakan Polres Sukoharjo menempati 5 besar se Polda Jateng, dimana klaim ini disebutkan tidak lepas dari gencarnya operasi dan pantauan yang dilakukan anggota di lapangan.

"Terhadap kasus narkoba, kami tidak segan - segan menerapkan pasal maksimal kepada pengedarnya. Demikan juga bagi pengoplos dan pemalsu merek minuman beralkohol (mihol). Harapannya agar hakim memutuskan hukuman maksimal sehingga ada efek jera," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Amatir Hujan Deras Pemukiman Warga di Lereng Candi Cetho Terkena Limpahan Air

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners