Rekomendasi

Latihan Dan Simulasi Gabungan, Polisi Asah Kemampuan Tanggap Bencana

Jumat, 07 Desember 2018 : 20.41
Latihan Dan Simulasi Gabungan, Polisi Asah Kemampuan Tanggap Bencana (Foto: Sapto Nugroho)

SUKOHARJO - Polres Sukoharjo bersama TNI,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, SAR, dan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) menggelar latian dan simulasi penangganan bencana.

Bertempat dikawasan Waduk Mulur, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Jum'at (7/12/2018), latian dan simulasi gabungan ini melakukan praktek evakuasi korban banjir, pemadaman api hingga penangganan pasca evakuasi seperti, mendirikan tenda hingga praktek Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

Kepada hariankota.com, Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi usai kegiatan mengatakan, simulasi digelar sebagai latian peningkatan kemampuan tanggap bencana dengan melibatkan banyak unsur didalamnya, mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Kegiatan (simulasi) hari ini merupakan penutup dari seluruh rangkaian yang diselenggarakan selama tiga hari ( Rabu, Kamis dan Jum'at)  di kawasan Waduk Mulur," terang Kapolres.

Latian dan simulasi peningkatan kemampuan tanggap bencana menurut Kapolres merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Polres Sukoharjo. Hanya saja untuk tahun ini sengaja ada penambahan kekuatan jumlah peserta dengan melibatkan unsur ormas.

"Tujuan dilibatkannya kekuatan ormas melalui masing - masing divisi adalah untuk memberi bekal pengetahuan dan pelatian. Manakala terjadi bencana, mereka siap membantu, baik secara manual maupun dengan dukungan peralatan yang ada" jelas Iwan.

Selain simulasi, sebelumnya selama dua hari terlebih dulu peserta mendapatkan materi berupa teori dasar dan pengenalan berbagai peralatan penunjang kegiatan. Seperti, perahu karet untuk bencana banjir, mobil damkar dalam menangani kebakaran dan pertolongan pertama gawat darurat.

"Untuk instruktur kegiatan, kami melibatkan teman - teman dari Brimob Kompi C yang bermarkas di Grogol, BPBD, Damkar juga dari SAR sendiri, dan tentunya, masing - masing membawa peralatan khusus, beserta operator yang ahli mengoperasikannya" pungkas Kapolres.
 

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi



Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners