Rekomendasi

Melihat Upaya Pemkab Karanganyar Memberikan Kenyamanan Bagi Pejalan Kaki

Sabtu, 08 Desember 2018 : 19.23
KARANGANYAR - Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar gencar dalam hal pembangunan infrastruktur, baik pembangunan jalan, jembatan dan perkantoran, serta fasilitas umum lainnya, seperti jalur pedestrian (trotoar).

Sekretaris daerah (Sekda) Karanganyar, Samsi, kepada  hariankota.com  mengatakan, salah satu pembangunan infrastruktur yang dilakukan adalah  membangun  jalur pedestrian (trotoar) yang nyaman bagi para pejalan kaki dan memberikan akses bagi penyandang disabilitas.

Penataan dan pembangunan trotoar untuk memanjakan para pejalan kaki, menurut Samsi, sudah ada di setiap jalan di Karanganyar kota.

Hanya saja, jalur untuk pejalan kaki ini, sebagian telah mengalami kerusakan dan perlu dilakukan pembenahan dan pembangunan kembali.

“ Setiap jalan utama, sudah pasti ada trotoar. Tapi memang sebagian sudah mengalami kerusakan dan harus diperbaiki. Untuk tahap awal, proses pembangunan pedestrian ini sudah kita lakukan mulai dari perempatan Papahan hingga ke Jalan Lawu Karanganyar Kota, tepatnya di depan kantor pegadaian. Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kita kepada masyarakat dan pengguna jalan,” kata Samsi.

Konsep pembangunan pedestrian ini, lanjut Samsi, dibangun sebaik mungkin,  sehingga para pejalan kaki dan penyandang disabilitas  merasa nyaman, termasuk akses bagi penyandang disabilitas.

“ Semua kita fasilitasi. Tidak hanya jalan, perkanyoran juga kita berikan akses bagi penyandang disabilitas,” ujarnya.

Sementara itu, pentauan  hariankota.com, meskipun pemkab Karanganyar telah membangun trotoar di sepanjang jalur utama, namun belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Masyarakat dimanjakan dengan pembangunan yang lebih berkonsep motoris, sehingga masyarakat banyak yang malas berjalan kaki.

“ Apa yang sudah dilakukan oleh Pemkab Karanganyar berupa penyediaan trotoar yang nyaman  bagi pejalan kaki, sudah cukup baik. Hanya saja hal ini kurang dimanfaatkan oleh warga. Akibatnya, banyak trotoar di Karanganyar yang justru dimanfaatkan untuk berjualan dan parkir kendaraan,” ujar Nita, salah satu warga Karanganyar Kota, Kamis (06/12/2018).

Ke depan, menurut Nita, Pemkab trotoar atau jalur pedestrian ini, harus dilengkapi dengan taman bunga kecil,sehingga menambah kenyamanan para pejalan kaki.

“ Saya lihat masih belum lengkap. Seharusnya ada taman kecil, sehingga lebih nyaman dan indah dilihat,” ujarnya.

Sementara itu, Subadri Edi Wijayanto, salah satu anggota komunitas disabilitas Karanganyar, kepada hariankota.com, mengungkapkan, perhatan terhadap penyandang disabilitas, mulai ada perhatian.

Menurutnya, dalam berbagai kesempatan, mereka yang tergabung dalam komunitas disabilitas Karanganyar selalu mengingatkan kepada Pemkab untuk memberikan fasilitas serta memberikan akses kepada kaum disabilitas.

“ Sejak awal kami telah menyampaikan kepada Pemkab, ketika akan melakukan pembangunan, para penyandang disabilitas tetap harus diperhatikan, terutama dalam pembangunan jalan dan perkantoran.  Dengan berbagai  masukan yang kami berikan, Alhamdulillah, mulai ada perhatian. Trotoar dan perkantoran, akses untuk disabilitas sudah ada. Kami berharap, ke depan perhatian terhadap dsabilitas ini tetap diperhatikan,” harapnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Jumali


Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners