Rekomendasi

Mulai 2019 Kemensos Ubah Mekanisme Penyerahan Bantuan

Sabtu, 01 Desember 2018 : 20.14

KARANGANYAR - Kementerian Sosial RI merubah  mekanisme  penyerahan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH).
Pada tahun 2018, mekanisme  penyerahan bantuan sosial dengan jumlah yang sama kepada setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM), maka pada tahun 2019 mendatang, jumlah dana yang diserahkan menyesuaikan indeks KPM.

Hal tersebut dikatakan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Harry Hikmat, kepada hariankota.com serta awak media lain, usai penyerahan bantuan non tunai kepada PKH di Karanganyar, Sabtu (01/12/2018).

Menurut Harry, setiap keluarga yang mempunyai balita akan menerima bantuan sebesar Rp2,4 juta per tahun.Jika ada dua balita, maka keluarga  akan menerima Rp4,8 juta setiap tahun.

Bantuan tersebut, lanjut Harry, untuk kebutuhan gizi sang balita.Agar bantuan digunakan sesuai kebutuhan, pendamping PKH akan memberikan penyuluhan kepada KPM.

Sedangkan untuk keluarga yang memiliki anak SD akan menerima bantuan sebesar Rp900 ribu per tahun.Keluarga yang memiliki anak SMP akan menerima bantuan sebesar Rp1,5 per tahun dan SMA sebesar Rp2 juta, dan  keluarga yang hidup bersama lansia akan mendapat tambahan Rp2,4 juta per jiwa selama setahun.Besaran yang sama akan diberikan kepada keluarga yang hidup bersama penyandang disabilitas.

“ Ketentuan baru ini akan kami terapkan pada tahun 2019 mendatang,” katanya.

Sementara itu, anggota Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti, mengatakan, kenaikan anggaran Bantuan Sosial Non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2019, untuk kepentingan yang diperluas yang diberikan kepada keluarga penerima.

“ Kita hanya menginginkan agar bantuan ini tidak hanya untuk kebutuhan makan, tapi dapat juga digunakan untuk biaya pendidikan anak mereka,” ujar Endang di tempat yang sama.

Dijelaskannya, dengan adanya kenaikan anggaran bantuan sosial, akan ada perbedaan nominal bagi penerima
“Kiami menyetujui kenaikan anggaran karena melihat  dari banyak aspek dan kepentingan,” pungkasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Jumali


Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners