Rekomendasi

Pemkab Kucurkan Rp 273 Juta untuk Korban dampak Tsunami Palu

Jumat, 28 Desember 2018 : 16.04
Published by Hariankota
Pemkab Kucurkan Rp273 Juta Untuk Korban dampak Tsunami Palu (Foto: Iwan Iswanda/hariankota)
KARANGANYAR - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengucurkan anggaran sebesar Rp273 juta bagi warga Karanganyar terdampak tsunami yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala beberpa waktu lalu.

Anggaran tersebut digunakan untuk jatah hidup (jadup) bagi 95 kepala keluarga (KK) atau 304 jiwa warga Karanganyar yang menjadi korban dampak gempa tsunami.

Buppati Karanaganyar, Juliyatmono, mengatakan, jadup tersebut dianggarkan melalui APBD perubahan dari dana tidak terduga, dengan perincian, masing-masing jiwa mendapat Rp 30.000 per hari selama satu bulan, atau Rp 900.000 per jiwa.

“Pemkab hanya memberikan jadup selama satu bulan. Kmai berharap, agar jadup ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik,” kata bupati, Jumat (28/12/2018).

Selain menyerahkan jadup, bupati juga menyerahkan bantuan kelompok usaha bersama (KUBE) dari Kementerian Sosial (Kemensos) masing-masing sebesar Rp 20 juta per kelompok untuk usaha kelontong, ternak.

Bantuan tersebut, lanjut bupati diberikan melalui rekening bank. Bupati menegaskan, bantuan usaha untuk kelompok ini, harus digunakan untuk usaha dan tidak dgunakan untuk keperluan lain.

“Kalau KUBE rutin setiap tahun dan berasal dari kementerian. Kami mengusulkan, yang menentukan kementerian. Bantuan juga langsung diberikan melalui rekeing, tanpa ada potongan. Gunakan sebaik-baiknya untuk usaha. Kami berharap, bantuan ini bisa berkembang untuk kesejahteraan bersama seluruh anggota,” ujar bupati.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More