Rekomendasi

Resmikan Tol Trans Jawa, Presiden Instruksikan Rest Area untuk UMKM Daerah

Kamis, 20 Desember 2018 : 16.07
Published by Hariankota
Resmikan Tol Trans Jawa, Presiden Instruksikan Rest Area untuk UMKM Daerah (Foto: Miadaada/hariankota)
NGAWI - Presiden Joko Widodo menginstruksikan kabinetnya untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sekaligus mengenalkan produk unggulan lokal secara lebih luas melalui adanya tol Trans Jawa ini.

"Yang paling saya utamakan juga adalah kita memiliki program seperti yang diminta oleh bapak Presiden Joko Widodo bahwa dengan (hadirnya) jalan tol ini jangan sampai usaha mikro, kecil tidak ada kesempatan," ungkap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno saat mendampingi Presiden Jokowi mencoba ruas tol Trans Jawa, Kamis (20/12/2018).

Rini menambahkan melihat cukup banyak rest area atau tempat beristirahat yang sedang dibangun, ditekankan Presiden Jokowi untuk betul-betul membantu pelaku UMKM di daerah-daerah yang dilalui Tol Trans Jawa.

"Ini semua supaya masyarakat di daerah-daerah tersebut yang (pelaku usaha) mikro dan kecil tersebut punya tempat untuk berjualan, serta masyarakat pengguna jalan tol Trans Jawa mulai mengenal produk-produk unggulan daerah-daerah tersebut," kata Rini Soemarno.

Presiden Joko Widodo sendiri pada Kamis 20 Desember 2018 ini meresmikan ruasTol Trans Jawa, termasuk tujuh ruas tol tersebut di antaranya Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer (Km), Semarang- Solo Segmen Salatiga-Kartasura sepanjang 31 Km, Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono 37,9 Km, Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati sepanjang 14 Km dan Pemalang-Batang sepanjang 39,2 Km, Surabaya-Gempol, dan Jombang-Mojokerto.

Dalam peresmian tersebut, Presiden menekankan bahwa rest area - rest area di sepanjang jalur tol Trans Jawa digunakan untuk para pelaku UMKM yang merupakan unggulan daerah-daerah yang dilalui oleh jalur tol tersebut.

"Ini sudah konsep sejak awal dibangunnya tol ini. Saya sudah sampaikan kepada Menteri BUMN, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, arahnya adalah rest area digunakan untuk usaha-usaha mikro, kecil dan menengah yang merupakan unggulannya daerah tersebut," ucap Presiden usai meresmikan tol Trans Jawa.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More