Rekomendasi

Abu Bakar Ba'syir Bakal Bebas, Ponpes Al Mukmin Ngruki Biasa Saja

Sabtu, 19 Januari 2019 : 21.45
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Heboh berita akan dibebaskannya Abu Bakar Ba'asyir setelah 9 tahun menghuni sel Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Islam Al Mukmin Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo disambut biasa saja.

Humas Ponpes Islam Al Mukmin, Muchshon menyampaikan, tak ada persiapan khusus dalam menyambut bebasnya Abu Bakar Ba’asyir. Kegiatan di dalam Ponpes berlangsung sepertiga biasa. Pihak Ponpes hanya berharap pembebasan tersebut segera terealisasi.

Saat ditemui hariankota.com dan awak media lainnya di Ponpes setempat, Sabtu (19/1/2019), Muchshon sempat mengeluhkan kebijakan pemerintah yang melarang keinginan para kerabat dan pengelola Ponpes untuk menjenguk Abu Bakar Ba'asyir.

"Dulu kerabat boleh membesuk Ustadz Abu Bakar Ba'asyir di penjara, saat ini kami dilarang," katanya. Menurutnya, pada waktu Abu Bakar Ba'asyir masih menjadi tahanan Bareskrim Mabes Polri dan saat dipindahkan ke LP Nusakambangan di Cilacap, kerabat masih diizinkan untuk menjenguk.

"Kami dulu masih sering menjenguk, paling tidak sebulan sekali. Kami bergantian dengan sesama pengurus Ponpes Islam Al Mukmin lainnya," terangnya. Atas larangan membesuk itu, Muchshon tidak mengatahui alasannya. Yang ia tahu, setelah ada aturan itu, hanya pihak keluarga saja yang diizinkan membesuk ke Lapas.

"Kami baru bisa mengetahui kabar atau kondisi Ustadz Abu di dalam penjara setelah ada anggota keluarga membesuk. Paling saya diberitahui Ustadz Iim (putra Abu Bakar Ba'asyir yang bernama lengkap Abdul Rohim) jika beliau habis menjenguknya," katanya.

Disebutkan Muchshon, kabar akan dibebaskannya Abu Bakar Ba'asyir sudah diketahui sejak Jumat (18/1/2019) kemarin dari pemberitaan media dan juga dari putra Abu Bakar Ba'asyir sendiri. Namun sampai hari ini (Sabtu - Red) belum ada kabar lebih lanjut.

"Di sini masih biasa-biasa saja, belum ada persiapan atau semacamnya. Kami belum akan bereaksi dan beraksi jika belum ada surat pemberitahuan resmi dari instansi berwenang,” ujarnya.

Pihak Ponpes dikatakan Muchshon tidak mau kecolongan atas gencarnya berita bebasnya Abu Bakar Ba'asyir, mengingat sebelumnya kabar serupa juga pernah berembus namun ternyata tidak terealisasi.

"Dulu kan juga pernah ada wacana yang dikabarkan melalui media kalau Ustad Abu mau dibebaskan bersyarat atau jadi tahanan rumah, tapi akhirnya cuma jadi kabar angin saja,"pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More