Rekomendasi

Cuaca Ekstrim, Puluhan Rumah Warga Sukoharjo Disapu Angin Puting Beliung

Jumat, 25 Januari 2019 : 15.54
Published by Hariankota
Cuaca Ekstrim, Puluhan Rumah Warga Sukoharjo Disapu Angin Puting Beliung
SUKOHARJO - Hujan deras disertai angin puting beliung sejak dua hari terakhir menyebabkan sejumlah rumah warga di Kabupaten Sukoharjo mengalami kerusakan hingga ada yang roboh hampir rata dengan tanah.

Data yang dihimpun hariankota.com Jum'at (25/1/2019), selain merusak rumah warga, angin puting beliung juga mengakibatkan beberapa pohon bertumbangan hingga menutup akses jalan.

Dari 12 kecamatan yang ada, angin puting beliung sedikitnya menerjang tiga kecamatan yaitu, Bulu, Tawangsari dan Sukoharjo kota. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo Kota dilaporkan paling parah kerusakannya.

Puluhan rumah warga, papan reklame, hingga bengkel mengalami kerusakan akibat hembusan angin puting beliung yang terjadi pada Rabu dan Kamis (23-24/1/2019) kemarin. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta, termasuk bangunan Pasar Ir Soekarno yang berada ditengah kota.

Plafonnya ambrol tak kuat menahan kencangnya tiupan angin. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Sebagian titik di pasar rusak akibat terjangan angin puting beliung. Adapun plafon yang ambrol berada di lantai dua menimpa dagangan milik pedagang," kata Lurah Pasar Tri Sukrisno saat dikonfirmasi.

Bantuan langsung diberikan BPBD Sukoharjo berkoordinasi dengan anggota Polri, TNI dan relawan. Mereka turun ke lapangan bergotong royong melakukan pertolongan memperbaiki atap rumah warga yang menjadi korban angin puting beliung.

Beberapa pohon yang tumbang melintang ditengah jalan juga dievakuasi agar tak mengganggu arus lalu lintas menggunakan gergaji mesin. Kepala Pelaksana BPBD Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan, sejak awal pihakya sudah mengimbau warga untuk waspada kemungkinan munculnya bencana alam khususnya angin.

"Sesuai perkiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi hujan disertai angin kencang akan terus terjadi pada bulan ini," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners