Rekomendasi

Disambangi Staf Menko PKM, Petani Tembakau Curhat

Minggu, 20 Januari 2019 : 19.12
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Pengolahan dan pengembangan berbagai potensi yang ada di sebuah desa, khususnya yang merupakan potensi unggulan, merupakan cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut dikatakan staf khusus Menko PKM, Dolfi OFP saat melakukan pertemuan dengan para petani di Dusun Wonorejo, Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar.

Menurut Dolfi, kedatangannya menemui para petani, yang tergabung dalam kelompok petani (poktan), untuk belajar kesuksesan yang diraih poktan Wonosari Tani VI yang mendapatkan penghargaan berupa Juara I Poktan Berprestasi Komoditas Tembakau yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah pada Desember 2018 lalu.

“Kisah sukses poktan Wonosari Tani VI, bersama dengan keberhasilan poktan lain di seluruh Indonesia, menjadi pelajaran untuk saya agar dapat merumuskan sebuah program kerja yang dapat meningkatkan kinerja poktan lain”, ujar Dolfie OFP, kepada hariankota.com serta awak media lain, Minggu (20/01/2019).

Dari hasil pertemuan dengan Poktan ini, lanjut Dolfi, dirinya akan mengupayakan program pelatihan yang tepat guna dan sesuai dengan kebutuhan poktan di Desa Wonorejo.

“Program kerja pemerintahan Jokowi menitikberatkan pada pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Karena itu, peningkatan kualitas manusia dan hasil produksi desa pun menjadi hal yang harus diperhatikan”, ujar nya.

Sementara itu, ketua Poktan Wonosari X, menyatakan bahwa daun tembakau hasil dari Desa Wonorejo yang sudah diterima oleh PT. Gudang Garam membutuhkan proses lebih lanjut berupa perajangan sehingga dapat menambah nilai jual yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan petani tembakau.

“Untuk itu, kami minta ahar Menko PKM dapat memberikan bantuan permodalan agar tembakau kami memiliki nilai jual yang tinggi,” harapnya.

Disisi lain, Kepala Desa Wonorejo, Sudrajat, yang menjelaskan berbagai komoditas yang dapat menjadi potensi unggulan dari Desa Wonorejo, seperti kopi, sayuran, tembakau, ternak sapi, dan lokasi wisata.

Hanya saja, menurut Sudrajat, pihakanya menghadapi sejumlah kendala dalam pengembangan berbagai potensi yang ada. Seperti kurangnya kapasitas kelembagaan berupa kualitas sumber daya manusia.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More