Rekomendasi

DPRD Karanganyar Masuki Usia Ke 68, Mahaka: Kinerja Kurang Maksimal

Selasa, 22 Januari 2019 : 18.56
KARANGANYAR - Memasuki usia ke 68, kinerja para anggota DPRD Karanganyar dinilai masih kurang maksimal, terutama dalam menjalankan fungsi pengawasan. Hal tersebut dikatakan Koordinator Masyarakat Handarbeni Karanganyar (Mahaka) kepada hariankota.com, Selasa (22/01/2019).

Menurutnya, pengawasan dari DPRD Karanganyar terhadap pelaksanaan fungsi pengawasan terutama kebijakan dan kinerja Pemkab di bidang administrasi publik, keuangan, pencapaian fisik dan bidang politik, baik dari kuantitas maupun kualitas sangat lemah.

“Padahal dalam sistem pemerintahan demokrasi pengawasan legeslatif merupakan salah satu indikator pelaksanaan azaz kedaulatan rakyat,” kata dia, Selasa (22/01/2019).

Kiswadi Agus menegaskan, lemahnya atau tidak efektifnya pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD tercermin masih ditemui gejala in-efisiensi dalam tubuh Pemkab Karanganyar. Seperti adanya kepentingan dari DPRD itu sendiri.

“Tidak optimalnya pelaksanaan fungsi DPRD sekarang ini menjadi sorotan dan pertanyaan publik,” ujarnya. Dia juga mengkritik kebanyakan anggota DPRD yang hingga kini tampaknya belum juga peka terhadap berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.

“Ke depan, seluruh anggota DPRD itu betul-betul peduli dengan kondisi yang dihadapi rakyat yang mereka wakili. Selain menghadapi persoalan ekonomi, masalah pendidikan dan kesehatan yang ada di tengah masyarakat, harus menjadi perhatian serius dari wakil rakyat,” tandasnya.

Sementara itu, ketua DPRD Karanganyar, Sumanto, kepada hariankota.com menjelaskan, lembaga yang dipimpinnya merupakan representasi dari rakyat. Sebagai sebuah lembaga, menurut Sumanto, seluruh anggota, telah melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal, baik fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

“Kalau ada kekurangan adalah hal yang wajar. Tidak ada yang sempurna. Untuk itu, kritik dan masukan dari masyarakat sangat kami perlukan, agar kinerja kami semakin baik dalam menyampaikan aspirasi masyarakat. Kita tetap terbuka,” ujarnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Jumali

Bagikan :

Video: Detik-detik Ledakan di Parkir saat Debat Capres ke-2 Berlangsung

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners