Rekomendasi

Facebook Ponpes Islam Al Mukmin Ngruki Kena Blokir?

Kamis, 24 Januari 2019 : 17.54
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Gencarnya pemberitaan seputar Abu Bakar Ba'asyir beberapa hari terakhir menjadikan Ponpes Islam Al Mukmin Ngruki di Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo menjadi sorotan publik hingga imbasnya Facebook yang dikelola Ponpes tak dapat di akses

"Saya sendiri memang nggak begitu paham (IT) ya. Yang jelas tadi malam di info kalau Facebook Al Mukmin kena blokir," terang Humas Ponpes Islam Al Mukmin Ngruki, Muchshon saat ditemui hariankota.com, Kamis (24/1/2019).

Facebook Ponpes yang di suka sekira 3,7 ribu pengguna ini, saat dibuka sesuai alamat yang diberikan muchshon, Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki di https://www.facebook.com/ponpesalmukminngruki/ hasilnya, halaman tidak tersedia atau tidak ditemukan

Dugaan diblokirnya akun facebook tersebut diketahui sewaktu pengelola IT Ponpes tidak bisa mengakses masuk saat hendak mengupload beberapa materi pasca persiapan penyambutan kedatangan Abu Bakar Ba'asyir.

Selain itu, beberapa pengikut (follower) facebook Ponpes melalui Twitter dan Instagram juga banyak yang menyampaikan bahwa Facebook Ponpes Islam Al Mukmin Ngruki tidak bisa dibuka.

"Kami ini kan punya Al Mukmin Media Center (AMC) yang mengelola website seperti, Facebook sendiri, Twitter sendiri, dan Instagram sendiri. Nah, yang terblokir ini hanya facebook karena paling aktif dan kebetulan pengikutnya paling banyak," ujarnya.

Atas terblokirnya Facebook Ponpes, Muchshon belum dapat memastikan apakah ada unsur kesengajaan dari pihak tertentu yang tidak suka dengan konten facebook Ponpes Islam Al Mukmin atau disebabkan gangguan jaringan biasa.

"Kan sebelumnya menampilkan tentang konferensi pers pada siang hari kemarin (Rabu-Red). Setelah itu, rencananya tadi malam mau mengupload (kegiatan) yang pengajian, (namun) sudah nggak bisa," ungkap Muchson.

Diketahui, pengajian yang dimaksud Muchshon pada Rabu malam adalah gelar tausyiah dan do'a keprihatinan atas pembatalan pembebasan Abu Bakar Ba'asyir dengan dihadiri peserta umat Islam dari Soloraya.

"Meski semalam dalam kondisi hujan, tapi yang hadir penuh sampai meluber keluar dari tenda yang semula dipersiapkan menyambut rencana kepulangan Ustadz Abu," katanya.

Saat ini oleh pengelola AMC seperti disampaikan Muchshon sedang mencari tahu penyebab terblokirnya Facebook Ponpes dengan mendatangi beberapa pihak yang ahli dalam bidang IT. "Sejak kami menggunakan media facebook, ya baru kali ini kena blokir," pungkas Muchshon

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More