Rekomendasi

Jadi Polemik, Kepsek SMAN 6 Surakarta Tunjukkan Ijazah dan Buku Induk Jokowi

Kamis, 17 Januari 2019 : 22.30
Jadi Polemik, Kepsek SMAN 6 Surakarta Tunjukkan Ijazah dan Buku Induk Jokowi (Foto: Okezone)
SOLO - Hindari polemik yang berkepanjangan terkait tahun kelulusan dalam ijasah Joko Widodo yang sebelumnya ramai di perbincangkan di media sosial, Kepala Sekolah SMAN 6 Solo, Agung Wijayanto angkat bicara.

Dirinya menyampaikan menjabat sebagai kepala sekolah baru saja di tahun 2015. Dan apa yang disampaikan untuk klarifikasi berdasarkan data dan fakta tertulis yang ada. "Seperti SK pendirian sekolah baik itu SMPP maupun SMAN 6, termasuk foto kopi ijasah pak Jokowi," paparnya kepada Okezone, Kamis (17/1/2019).

Disebut Agung awalnya sebelum berubah menjadi SMAN 6 Solo, sekolah tersebut masih bernama Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan (SMPP). Didirikan pada 26 November 1975 di masa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Syarief Thayeb.

Pendiriannya lanjut Agung sesuai dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 025b/0/1975 tentang Pembukaan Beberapa Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan di Provinsi Tingkat I Jawa Tengah.

"Ada beberapa SMPP lain yang juga didirikan di masa itu yakni Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purwodadi sesuai dengan yang tertera di SK," ujarnya.

Selanjutnya di tahun 1976, SMPP menerima pendaftaran siswa baru angkatan pertama. Dan Jokowi yang saat ini menjadi orang nomor satu di Indonesia menjadi salah satu siswa angkatan pertama yang terdaftar.

"Berjalannya waktu, pada tahun 1985, SMPP berubah nama menjadi Sekolah Menengah Utama Tingkat Atas dan menjadi SMAN 6 Surakarta sampai saat ini," jelasnya.

Perubahan nama tersebut sesuai dengan surat keputusan Meneteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0353/0/1985. Sedangkan Jokowi lulus di tahun 1980. Dan sudah pasti ijasahnya tidak dikeluarkan dengan nama SMAN 6 Solo, namun masih menggunakan SMPP.

"Ya jelasnya perubahan nama menjadi SMAN 6 di tahun 1985, sedangkan pak Jokowi lulus tahun 1980 tentunya ijazahnya Pak Jokowi masih SMPP. Karena nama SMPP tidak familiar di masyarakat maka dalam stempel ijasah adalah SMPP (SMAN VI) untuk memudahkan saja," pungkasnya.

Sumber dan Foto: Okezone
Editor: Jumali

Bagikan :

Video: Sandiaga Uno Beri Sorban saat Bertemu Pendukung Jokowi

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners