Rekomendasi

Maksimalkan Pengawasan, Bawaslu Rekrut Ribuan Pengawas TPS

Minggu, 27 Januari 2019 : 14.34
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karanganyar akan merekrut Pengawas Pemilu di Tingkat tempat pemungutan suara (TPS). Perekrutan ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai pelanggaran selama proses pemungutan suara berlangsung.

Hal tersebut dikatakan komisioner Bawaslu Karanganyar divisi organisasi dan sumberdaya manusia, Sudarsono, Minggu (27/01/2019). Menurut Sudarsono, pelaksanaan rekrutmen pengawas TPS ini akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Februari mendatang.

Menurutnya, persyaratan serta mekanisme rekrutmen memang masih menunggu petunjuk dari Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

"Kami membutuhkan setidaknya 3.149 Pengawas TPS yang akan Kami tugaskan di semua TPS di wilayah Kabupaten Karanganyar untuk mengawasi semua tahapan yang berada di TPS", kata Sudarsono, Minggu (27/01/2019).

Prioritas Pengawas TPS yang akan direkrut adalah warga setempat, mengingat dalam tugasnya nanti Pengawas TPS tersebut lebih mengenal karakteristik warga setempat. Sehingga Pengawas TPS akan lebih jeli dalam mengawasi setiap tahapan yang berlangsung di TPS, tegasnya.

“Tugas yang melekat sebagai Pengawas TPS untuk mengawasi proses pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS. Untuk itu, netralitas dan integritas adalah suatu keharusan. Pengawas TPS harus netral, harus berintegritas untuk Pemilu yang berkualitas", jelasnya.

Disisi lain, Sudarsono juga mengungkapakan, penertiban terhadap alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) yang saat ini banyak terpasang di lokasi yang dilarang, akan ditertibkan pada awal bulan Februari mendatang.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Bagya Komang

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners