Rekomendasi

Penyelam TNI AL Berhasil Temukan Black Box Lion Air JT 610

Senin, 14 Januari 2019 : 22.48
JAKARTA - Penyelam TNI AL berhasil menemukan Black box atau kotak hitam pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di Tanjung Karawang, Jakarta Barat.

"Benar sudah ketemu (black box), cuma masih proses evakuasi oleh tim penyelam angkatan laut," ujar Dansatgas SAR Lion Air Kolonel Iswarto, Kamis (1/11/2018). Menurut dia, dengan ditemukannya black box ini, investigasi lanjutan segera dilakukan.

"Satu black box, ini sudah lengkap untuk melakukan proses investigasi," kata dia. Pencarian black box ini telah dilakukan sejak Senin. Pada hari Rabu, tanda-tanda keberadaan black box sudah mulai terdeteksi.

Hal ini dideteksi dari pantauan empat sektor berdasarkan koordinat lokasi black box yang telah ditemukan. Dari empat sektor yang telah dipantau, tiga kapal mendeteksi obyek di dasar laut yang ternyata bukan bagian dari bodi pesawat.

"Nah sektor keempat ini yang melihat serihan sepihan dari Lion Air. Setelah itu kami turunkan ROV untuk meyakinkan, ternyata memang betul banyak bagian bagian yang kecil, termasuk ping locater, bagian dari black box," tutur Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi.

Ia mengatakan, derasnya arus laut sempat menjadi kendala penyelaman petugas. Untuk mengatasi hal ini, pihaknya memasang jangkar dalam jarak 400 meter arah barat laut dari koordinat obyek yang ditemukan.

Jurnalis: Nuraini
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Viral

Loading...

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners