Rekomendasi

Problem Air Bersih Langka, Kementrian ESDM Bangun Sumur Bor

Rabu, 09 Januari 2019 : 23.22
SUKOHARJO - Terhitung dari tahun 2005 hingga 2018 sebanyak 2290 unit sumur bor sudah dibangun Kementrian Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) dengan kapasitas debit air bersih mencapai sekira 144,4 juta m3 (meter kubik) /tahun.

Keberadaan sumur bor tersebut oleh Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN), Sugeng Mujiyanto disebutkan untuk melayani kurang lebih 6,6 juta jiwa masyarakat sulit air bersih tersebar dari Sabang sampai Merauke.

"Sumur bor ini merupakan program untuk memberikan solusi di beberapa daerah sulit air bersih karena kondisi alamnya. Diantaranya seperti di sebagian wilayah Sukoharjo ini," kata Sugeng usai meresmikan sumur bor air bersih bersama anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Gerindra, Bambang Riyanto di Desa Tegalsari, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Rabu (9/1/2019).

Kepada hariankota.com Sugeng menjelaskan, untuk tahun anggaran 2018, sedikitnya 6 sumur bor dengan nilai Rp 400 juta - Rp 500 juta, dengan dukungan Komisi VII DPR RI telah dibangun di wilayah sulit air bersih yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

"Spesifikasi teknis sumur bor, yaitu kedalaman antara 100-125 meter, debit air rata -rata 2 liter/detik, dengan kontruksi pipa besi galvanis diameter 6 inchi. Sedang pasokan listrik sumur bor berasal dari genset berkapasitas 10 ribu VA, menggunakan pompa selam (submersible) 3PK," terangnya.

Selain itu, juga dilengkapi rumah genset, rumah pompa, serta bak penampung air berkapasitas 5000 liter, yang disebutkan, tiap sumur mampu melayani sekira 2.800 jiwa.

Sementara, Bambang Riyanto, menambahkan bahwa pembangunan sumur bor air bersih merupakan upaya eksekutif bersama anggota legislatif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dari 6 sumur bor yang sudah dibangun ini, untuk anggaran 2019 akan kami usulkan penambahan lagi. Masih banyak permintaan dari masyarakat yang daerahnya masih sulit mendapatkan air bersih. Apalagi jika musim kemarau," pungkas mantan Bupati Sukoharjo dua periode ini.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Viral

Loading...

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners