Rekomendasi

Sambut Imlek dan Haul Gus Dur, Kota Solo Mulai Berhias Lampion

Senin, 21 Januari 2019 : 14.22
Published by Hariankota
SOLO - Ratusan lampion warna merah mulai terpasang menghiasi beberapa sudut dan ruas jalan Kota Solo menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2570/2019 yang jatuh pada 5 Februari mendatang.

Pantauan hariankota.com di seputaran Pasar Gede, Senin (21/1/2019) beberapa lampion terlihat sudah menghiasi sepanjang jalan depan pasar hingga depan Balaikota Solo.

Setelah beberapa tahun diselenggarakan, pada perkembangannya di Kota Solo, perayaan Imlek juga diiringi beberapa acara yang saling terkait dan bekerjasama seperti, Solo Great Sale serta kirab budaya Grebeg Sudiro.

Ketua Panitia Imlek 2019 Sumartono Hadinoto menjelaskan, perayaan Imlek tahun ini cukup istimewa. Sebab, akan digelar bersamaan dengan haul presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur bertempat di Benteng Vastenberg.

Seiring dengan agenda Haul Gus Dur, dijadwalkan juga digelar dialog kebangsaan dengan menghadirkan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid sebagai pembicara. Rencananya dialog kebangsaan dilaksanakan 22 Februari bertepatan dengan peringatan Cap Go Meh di Balaikota Solo.

“Kami sudah mengirimkan undangan dan permintaan agar bu Sinta Nuriyah berkenan mengisi dialog kebangsaan tersebut," kata Sumartono saat bertemu awak media.

Diharapkan dari dialog kebangsaan tersebut, kesadaran masyarakat untuk berkontribusi kepada bangsa dapat meningkat tanpa membedakan suku, agama dan kebangsaannya.

"Kami semua 100 persen Indonesia. Apapun suku bangsanya, apapun agamanya. Setiap orang kalau mau berkontribusi nyata untuk Indonesia, saya yakin ke depan Indonesia akan luar biasa," ujarnya.

Ditambahkan, sebagai bagian dari perayaan, panitia juga akan memasang lampion 12 shio dilengkapi dengan 12 neon boks gambar shio, dan 5.000 lampion gantung. Selain itu, sebuah gapura imlek tak ketinggalan juga akan dibuat.

"Jadi di awal Februari nanti ada (kirab) Grebek Sudiro dan 20-23 Februari ada Solo Imlek Festival, dimana untuk tanggal 23 akan berbarengan dengan Haul Gus Dur," pungkas Sumartono.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Jumali

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners