Rekomendasi

Sekjen Ketahanan Nasional Letjen Doni Monardo Bakal Dilantik Nahkodai BNPB

Selasa, 01 Januari 2019 : 20.16
Published by Hariankota
Sekjen Ketahanan Nasional Letjen Doni Monardo Bakal Dilantik Nahkodai BNPB
JAKARTA - Presiden Joko Widodo, rencana akan melantik Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letnan Jenderal Doni Monardo sebagai nahkoda baru di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pelantikan mantan Pangdam Siliwangi Letjen Doni Mornado sebagai Kepala BNPB, dijadwalkan akan dilakukan Rabu 2 Januari 2019 sekira pukul 9.00 WIB itu akan dilakukan di Istana Negara.

Doni sendiri baru sekitar 10 bulan menjabat sebagai Sekjen Dewan Ketahanan Nasional. Sebelum itu Doni menjabat sebagai Pangilama Komando Daerah Militer III/Siliwangi (Pangdam Siliwangi).

Sementara itu Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengaku tidak tahu siapa pengganti Willem Rampangilei sebagai Kepala BNPB.

"Saya tidak tahu siapa pengganti Kepala BNPB saat ini, Pak Willem Rampangilei dengan pengganti yang baru. Semua itu kewenangan Presiden,"papar Sutopo dalam rilis yang diterima hariankota.com, Selasa (1/1/2019). Rencana, ungkap Sutopo, setelah pelantikan di Istana langsung sertijab di kantor BNPB.

"Jabatan kepala BNPB adalah setingkat menteri sehingga pemberhentian dan pengangkatan Kepala BNPB adalah kewenangan Presiden. Kepala BNPB langsung bertanggung jawab kepada Presiden," jelasnya.

Menurut Sutopo,fungsi BNPB sangat strategis karena BNPB memiliki fungsi koordinasi, komando dan pelaksana dalam penanggulangan bencana, baik tahap pra bencana, tanggap darurat dan pascabencana.

"Itu semua diatur dalam UU No 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana dan PP No 21/2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana," ungkapnya.

"Tidak mudah mengemban tugas sebagai kepala BNPB itu. Sebab bencana itu multi disiplin, multi sektor dan kompleks. Apalagi Indonesia berada di daerah ring of fire, daerah tropis, kepulauan dan sebagai laboratorium bencana. Bencana adalah keniscayaan. Pasti terjadi bencana setiap tahunnya, rata-rata hampir 2.500 kejadian bencana setiap tahun," imbuhnya.

Apalagi budaya sadar bencana dan tingkat kesiapsiagaan masyarakat dan pemda masih rendah. Jutaan masyarakat Indonesia tinggal di daerah rawan bencana dengan kemampuan mitigasi yang masih minim.

Untuk itu perlu dukungan semua pihak termasuk unsur pemerintah pusat, pemda, masyarakat dan dunia usaha.

"Siapapun yang menjadi Kepala BNPB kita harus dukung. Keluarga besar BNPB dan BPBD se-Indonesia siap menyambut dan mendukung Kepala BNPB baru. Tak lupa juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala BNPB yang lama," pungkasnya.

Jurnalis: Gunadi
Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More