Rekomendasi

Usai Hujan Abu Tipis, Kondisi Merapi Waspada Level II

Minggu, 06 Januari 2019 : 12.34
KLATEN - Hujan abu tipis akibat meningkatnya aktivitas Gunung Merapi di wilayah Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten oleh BPBD Jawa Tengah disebutkan saat ini sudah tak lagi ada. Namun demikian statusnya tetap waspada level II.

Informasi yang didapat hariankota.com, Minggu (6/1/2019) sekira pukul 10.00 WIB, berdasarkan pantauan BPBD Klaten dari Kalitalang, Balerante dalam jarak sekira 4 kilometer, cuaca sekitar Gunung Merapi terlihat cerah.

Kepala BPBD Klaten Bambang Giyanto, menyebutkan, hujan abu tipis terjadi pada Jum'at (4/1/2019) malam kemarin, terlihat di Desa Tegalmulyo dan Desa Tlogowoatu, Klaten akibat muntahan lahar Merapi menuju Kali Gendol, Sleman, Yogyakarta.

"Jum'at malam sekira pukul 21.30 WIB, kami melihat abu tipis jatuh, dan berlangsung selama 20 menit," kata Bambang saat dihubungi awak media. Sedikitnya 5000 masker telah didistribusikan kepada warga di dua desa tersebut untuk mengantisipasi ganggunan kesehatan yang diakibatkan menghirup debu vulkanik saat beraktivitas.

“Berdasarkan pemantauan kami, tidak ada hujan abu lagi pagi ini. Itu hanya terjadi Jum'at malam, "kata Bambang. Selanjutnya, untuk mengantisipasi adanya hujan abu lagi, BPBD Klaten telah menyiapkan masker sebanyak 25 ribu.

Sementara Kepala BPBD Jawa Tengah, Sarwa Pramana mengatakan pihaknya juga akan segera melakukan dropping masker tambahan di daerah yang terdampak erupsi Gunung Merapi seperti, Klaten, Boyolali dan Magelang.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan teman - teman BPBD Klaten terkait hujan abu di Klaten dan Boyolali. (Dan untuk saat ini) kondisi Merapi masih aman, statusnya waspada level II," tandasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Jumali

Bagikan :

Video Viral

Loading...

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners