Rekomendasi

Milenial Menyoal Ijtima Ulama, Menakar Kesalehan Kandidat Pilpres 2019

Kamis, 28 Februari 2019 : 21.53
SOLO - Seratusan peserta rata - rata anak muda biasa disebut generasi milenial menghadiri Seminar Nasional bertajuk Menyoal Ijtima Ulama, Menakar Kesalehan Kandidat Pilpres 2019 yang diselenggarakan Himpunan Aktivis Milenial Indonesia (HAMI) di Resto Pringsewu, Solo, Kamis (28/2/2019).

Dengan dua narasumber, Gugun El Guyanie, staf pengajar hukum tata negara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Hafid Zakariya, pengamat politik dan hukum dari UNIBA Solo, seminar mencoba membedah tentang setengah pertarungan elektoral Pilpres 2019 yang diwarnai kompetisi meraup restu dan dukungan ulama, memainkan isu agama.

Dalam seminar dibahas 'labelling' ulama dinilai hanya digunakan oleh sejumlah pihak sekedar instrumen legitimasi meminang suara pemilih.

"Kedua Capres - Cawapres ini, 01 dan 02 sama - sama didukung ulama. Kalau ini terus menerus dibentur - benturkan, maka saya khawatir akan terjadi konflik," kata Hafid dari UNIBA Solo.

Mengingat masyarakat pemilih di Indonesia oleh Hafid disebut bersumbu pendek, maka ia berharap isu agama dalam Pilpres kali ini bisa dinikmati sebagai bagian dari pendidikan politik nasional khususnya generasi milenial.

"Kalau kemudian digesek - gesekan terus menerus, kasian rakyat, kasian masyarakat. Kita tidak mau (gesekan) seperti itu," katanya kepada hariankota.com dan awak media lain.

Sementara, Gugun dari UIN Sunan Kalijaga berpendapat, bahwa sebenarnya isu agama bukan isu substantif pertarungan dua paslon Capres - Cawapres. Menurutnya, itu hanya simbolik belaka efek dari Pilkada DKI, pertarungan antara Basuki Cahya Purnama (Ahok) dengan Anies Baswedan.

"Isu agama seperti ini, untuk lima tahun kedepan tidak akan berlaku. Satu bulan hingga dua bulan setelah Pilpres, isu seperti ini akan hilang dengan sendirinya," katanya.

Ditegaskan, bahwa penggunaan isu agama di Pilpres 2019 merupakan sebuah strategi untuk menarik dukungan masyarakat khususnya dari massa gerakan 212 pasca Pilkada DKI.

Jurnalis : Sapto Nugroho

Editor : ALI

Bagikan :

Video Amatir Hujan Deras Pemukiman Warga di Lereng Candi Cetho Terkena Limpahan Air

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners