Rekomendasi

Muncul Banyak Relawan, Perolehan Suara Capres Prabowo-Sandi Diprediksi Naik

Rabu, 27 Februari 2019 : 20.51
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Pada Pilpres 2014 lalu, perolehan suara di DIY untuk Capres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa berada di bawah pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla saat itu. Tahun 2019 ini, Prabowo bersama Sandiaga Uno bakal berkompetisi dalam Pilres yang digelar 5 tahunan ini.

Secara nasional, perolehan suara pasangan Prabowo-Sandi ditargetkan lebih tinggi dari petahana. Hal itu disampaikan Ketua DPC Partai Gerindra Kota Yogyakarta, Anton Prabu Semendawai.

"Kita optimis bisa menangkan pasangan Prabowo-Sandi, termasuk di DIY ini," katanya di sela-sela Pidato Kebangsaan Prabowo Menyapa yang digelar Masyarakat dan Purnawirawan TNI-Polri Jateng-DIY di Grand Pasific Hall, Yogyakarta, Rabu (27/2/2019).

Anton melihat dua indikator kenaikan suara Prabowo. Pertama, animo masyarakat begitu tinggi menghadiri kunjungan Prabowo ke daerah-daerah, termasuk di DIY. Indikator kedua, kemunculan banyak relawan pemenangan Prabowo - Sandi.

"Masyarakat mendatangi kegiatan Prabowo - Sandi sangat tinggi. Ini berbeda pada Pilpres 2014 yang notabenenya diramaikan oleh orang - orang partai politik," kata Sekretaris Fraksi Gerindera DPRD DIY ini.

Anton mengaku, kemunculan banyak relawan ini menjadi bukti kepedulian masyarakat untuk menemukan sosok pemimpin yang diinginkan. Sosok Prabowo dinilai sangat layak jika memimpin negeri ini.

"Acara ini, masyarakat tergerak datang sendiri tanpa dikoordinir parpol, mereka para relawan ini tergerak hatinya, tidak ada undangan secara khusus, hanya mengetahui informasi dari media sosial," katanya.

Pantauan Hariankota, suasana dalam ruangan Grand Pasific Hall tampak penuh dari sebanyak 4.000 kursi, sesuai kapasitas ini ruangan tersebut. Suasana ramai juga tampak di luar ruangan baik di teras, di halaman maupun di bawah tenda yang telah disiapkan panitia.

"Acara ini yang menyelenggarakan bukan partai ya, acara ini justru yang mengadakan relawan," imbuh Anton yang juga Caleg DPRD DIY ini. Adanya kelompok - kelompok relawan yang bermunculan, kata Anton, jauh berbeda di Pilpres 2014 yang lebih mengandalkan tim sukses dari partai politik.

"Dulu (2014) semua yang berkaitan dengan kampanye di distribusi dari pusat. Sekarang para relawan bekerja sendiri, kalau ingin pengadaan APK (Alat Peraga Kampanye) mereka iuran sendiri," katanya.

Anton menegaskan para relawan pemenangan Prabowo - Sandi muncul atas kesadaran sendiri. Tidak ada intruksi dari struktur partai koalisi ataupun dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandi.

"Mereka muncul atas inisiatif sendiri, bekerja dengan cara cara mereka sendiri untuk turut memenangkan Prabowo - Sandi," katanya. Disamping dua indikator kemenangan diatas, Anton juga memiliki acuan lain yang dinilai lebih terukur yaitu hasil survey internal.

"Tapi yang ini tidak perlu disampaikan. Yang jelas kita optimis Prabowo - Sandi di DIY akan menang. Apalagi saat ini Kantor BPN pindah di Solo, tentu karena jaraknya dekat akan lebih memudahkan koordinasi pemenangan," katanya.

Diketahui, berdasarkan hasil rekapitulasi KPU DIY pada Pilpres 2014 bahwa pasangan Prabowo - Hatta mendapatkan suara 977.341 atau mencapai 44,19 persen dan pasangan Jokowi - JK mendapatkan 1.234.249 suara atau mencapai 55,81 persen.

Jurnalis: Prabowo

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More