Rekomendasi

Ngobrol Bareng Awak Media, Ganjar Klarifikasi Tudingan Langgar Aturan Kampanye

Kamis, 14 Februari 2019 : 18.29
SOLO - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meluangkan waktu diluar kesibukannya sebagai pejabat pemerintah menyambangi awak media Kota Solo di tempat biasa berkumpul di kawasan kuliner Cemara Manahan, timur Mapolresta Solo, Kamis (14/2/2019).

Dalam kesempatan ini, Ganjar sekaligus juga menjelaskan tentang polemik seputar tudingan bahwa dia telah melakukan pelanggaran kampanye saat mengumpulkan 31 kepala daerah dari Provinsi Jateng di Hotel Alila Solo, pada Sabtu, (26/1/2019) lalu.

Sebagai kader PDI Perjuangan, Ganjar tidak membantah jika ia dan 31 kepala daerah dari partai yang sama, melakukan konsolidasi berkomitmen untuk memenangkan Joko Widodo - Ma'ruf Amin, Capres - Cawapres nomor urut 02 dalam Pilpres 2019.

Namun begitu, ditegaskan Ganjar, hal itu tetap dilakukan dengan cara beretika, tidak melanggar aturan, dan diluar jabatannya sebagai Kepala Daerah Provinsi serta sama sekali tidak menggunakan fasilitas negara.

"Saya tidak berkampanye. (Kegiatan konsolidasi) itu kan hari Sabtu (hari) libur, nggak harus cuti. Masak nggak boleh. Dan yang jelas tidak menggunakan fasilitas negara. Semua atas biaya dari kantong sendiri," terang Ganjar kepada hariankota.com dan awak media lainnya.

Diakui Ganjar, berkumpulnya 31 dari 35 kepala daerah di Jateng dalam acara tersebut atas undangan pihaknya sebagai pribadi kader partai, bukan sebagai gubernur. Adapun empat kepala daerah yang tidak diundang disebutkan Ganjar, karena mereka bukan dari partai pendukung Jokowi-Ma'ruf yakni, Salatiga, Tegal, Sragen dan Kendal.

"Jadi (dalam konsolidasi) saya sampaikan kemarin, bahwa kami harus taat regulasi, tahu etika. Dalam melayani masyarakat tidak boleh terganggu. Kalau kampanye harus cuti, kalau tidak, ya pas hari libur. Maka dari itu (kemarin) saya ambil pas hari libur," jelasnya.

Seperti diketahui, sebanyak 36 pejabat meliputi wali kota, wakil wali kota, bupati dan wakil bupati dari 27 daerah hadir dalam konsolidasi pemenangan Jokowi - Ma'ruf di Jateng. Sedang empat daerah lainnya, Rembang, Temanggung, Banjarnegara dan Blora, meski absen tak hadir, namun telah menyatakan dukungan.

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video: Detik-detik Ledakan di Parkir saat Debat Capres ke-2 Berlangsung

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners