Rekomendasi

PAD Terlampaui Gubenur Koster Ingin Terobosan Baru Sumber Pendapatan

Senin, 18 Februari 2019 : 23.58
Published by Hariankota
GIANYAR - Gubernur Bali Wayan Koster bersyukur target penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2018 bisa terlampaui namun ke depan tetap mengharapkan ada terobosan baru dalam menggali potensi pendapatan daerah.

"Seperti kita tahu, sumber pendapatan terbesar kita selama ini pajak kendaraan dan bea balik nama kendaraan, kita harus pikirkan celah-celah lain sebagai sumber pendapatan," Demikian disampaikan Gubernur dalam Pembukaan Forum Perencanaan Pendapatan Daerah khususnya PAD Provinsi Bali Tahun 2020 di Rumah Luwih Resort, Gianyar, Senin (18/2/2019).

Hanya saja, Koster mengingatkan agar sumber pendapatan tetap pada koridor perundang-undangan. "Untuk tahun 2018 saya apresiasi karena PAD bisa mencapai bahkan melebihi target," tegas Ketua DPD PDI Perjuangan Bali itu.

Diingatkannya, perancangan dan target pendapatan harus berpegang pada konsep pendapatan yang optimal dan penghematan pengeluaran. Hal ini, akan menjadikan perencanaan yang dibuat dapat berjalan baik dan tepat, harus realistis.

"Jangan juga terlalu ambisius, bermasalah nanti apalagi kalau defisit, tambah masalah," katanya mengingatkan. Pihaknya mengapresiasi keuangan Pemprov yang bisa dikatakan sangat sehat. Dia menyampaikan, terimakasih kepada semua pihak yang sudah bekerja keras.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Made Santha menyebut kegiatan dimaksudkan untuk mengkoordinasikan PAD secara sinergis dengan instansi, lembaga dan penghasil pendapatan lain seperti Rumah Sakit.

Dengan begitu, Target yang dicanangkan bisa optimal dan realistis melalui kesepakatan bersama instansi sehingga diketahui besaran potensi sumber pendapatan. Disebutkan, dalam pelaksanaan pra forum sebelumnya telah disepakati memasang target sebesar 3,6 Triliun untuk PAD tahun 2020.

Jurnalis: Ida Bagus Prasetyo

Editor: Rahayu

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More