Rekomendasi

Pengamat: Meja Marmer Miliki Nilai Historis

Selasa, 12 Februari 2019 : 15.45
SOLO - Prasasti berupa marmer tembus cahaya yang ditemukan oleh petugas pemadam kebakaran (Damkar) di Pedaingan, Kecamatan Jebres, Senin (11/02/2019), dinilai memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi.

Tertulisnya nama Pakoe Boewono X (PB X) dalam prasasti tersebut, menunjukkan jika raja Surakarta tersebut merupakan seorang raja yang sangat dihormati pada masa itu, terutama Negara Eropa.

Pengamat sejarah Solo, Heri Priyatmoko, kepada awak media, mengungkapkan, bangsa Eropa yang masa itu berada di kota Solo, sangat menghormati PB X yang menjadi pemimpin wilayah Surakarta.

"Prasasti ini merupakan bukti jika PB X sangat dihormati oleh kaum bangsawan Eropa masa itu,” terangnya, Selasa (12/02/2019). Dijelaskannya, prasasti yang ditemukan ini, biasanya digunakan sebagai penanda batas wilayah.

Pada masa itu, lanjut Hari, Pedaringan merupakan wilayah pinggiran dan berbatasan dengan wilayah lain. Prasasti ini, kemungkinan digunakan sebagai penanda batas wilayah itu.

“Prasasti yang ditemukan ini, sama dengan prasasti tugu Cembengan yang merupakan penanda batas wilayah zaman dahulu,” jelasnya.

Dengan diteuknnya prasasti ini, lanjutnya, akan dijadikan pedoman dan panduan untuk mempelajarai dan memahami yang berkaiatan dengan batas wilayah masa lalu, khususnya di kota Solo.

"Penemuan prasasti ini memiliki nilai yang sangat penting untuk mempelajari bagaimana kehidupan masa lalu yang berhubungan dengan georafis suatu wilayah,” terangnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video: Detik-detik Ledakan di Parkir saat Debat Capres ke-2 Berlangsung

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners