Rekomendasi

Puncak Haul Ke-9 Gus Dur, Stadion Sriwedari Solo Banjir Ribuan Jamaah

Minggu, 24 Februari 2019 : 01.10
Published by Hariankota
SOLO - Puluhan ribu jamaah yang datang dari berbagai wilayah Soloraya menghadiri puncak acara Haul ke-9 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang digelar di Stadion Sriwedari, Solo, Sabtu (23/2/2019) malam.

Mereka datang secara bergelombang sejak sore ke lokasi acara dengan menggunakan puluhan bus maupun kendaraan pribadi lainnya.

Dalam acara ini, dari pantauan hariankota.com beberapa tokoh NU dan pejabat publik juga terlihat hadir duduk bersila di panggung utama yang berada didalam stadion.

Seperti disampaikan mantan asisten pribadi Gus Dur, Ngatawi Al- Zastrow selaku pemandu acara haul, diantara yang hadir adalah, Kyai Mustofa Bisri, Mahfud MD, Taj Yasin (Wagub Jateng), Sudjiatmi Notomiharjo (Ibunda Presiden Jokowi), dan Zannuba Arrifah Chafsoh atau Yenny Wahid putri kedua Gus Dur.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara semegah ini. Selain itu kami menyampaikan mohon maaf karena Ibu Sinta Nuriyah Wahid tidak bisa hadir karena kondisi kesehatannya," kata Yenny saat didaulat menyampaikan sambutan mewakili keluarga.

Yenny juga mengatakan, ia yakin dengan terselenggaranya Haul di Kota Solo, mendiang ayahnya pasti sangat senang. Hal itu disampaikan Yenny kepada yang hadir karena sebelumnya dia bermimpi Gus Dur tersenyum.

Sementara, Ketua penyelenggara Haul ke-9 Gus Dur, Husein Sifa mengungkapkan, awal mula diselenggarakannya haul di Kota Solo merupakan buah dari pertemuannya dengan Gus Mus.

"Sebelumnya saya sowan dulu ke Kyai Mustofa Bisri untuk menyampaikan rencana penyelenggaraan haul Gus Dur ini," terangnya.

Dikatakan Husein, pada malam puncak Haul ke-9 Gus Dur yang juga bergelar Kanjeng Pangeran Aryo (KPA) Abdurrahman Wahid ini, hadir sekira 12 ribu jamaah.

"Setelah mendapat gelar KPA dari Keraton Surakarta, Gus Dur pernah mengatakan tidak mau dipanggil dengan gelar tersebut, sebab kalau dipanggil dengan tambahan KPA didepan namanya, beliau (dengan berseloroh) disingkat panggilannya menjadi Gustidur," tandas Husein mengutip pernyataan Gus Dur.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More