Rekomendasi

Ratusan Ribu Lembar Surat Suara Tiba di KPU

Selasa, 12 Februari 2019 : 17.49
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Ratusan ribu lembar surat suara untuk pemilihan presiden (pilpres), tiba di gudang peyimpanan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Selasa (12/02/2019), sekitar pukul 13.30 Wib. Pengiriman surat suara ini, mendapat pengawalan ketat aparat Kepolisian Karanganyar.

Sebelum mengirim surat suara ke Karanganyar, terlebih dahulu mengirimkan surat suara ke KPU Salatiga. Ketua KPU Karanganyar, Devid Wahyuningtyas, kepada hariankota.com ;serta awak media lain, mengatakan, total jumlah surat suara yang diterima sebanyak 702.928 lembar.

Jumlah tersebut, menurut Devid, berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) Karanganyar sebanyak 695.027, ditambah surat suara cadangan sebanyak 2% serta tambahan 1000 lembar jika dilakukan pemungutan suara ulang (PSU).Surat suara tersebut, lanjut Devid, dikemas ke dalam 355 boks, dan masing-masing boks berisi 2000 lembar surat suara.

“Kami baru menerima pengiriman surat suara untuk pilpres. Segera kota lakukan penyortiran dan pelipatan terhadap seluruh surat suara ini,” kata Devid, Selasa (12/02/2019).

Berdasarkan panatauan hariankota.com, sejumlah boks surat suara mengalami kerusakan. Atas temuan ini, KPU segera melaporkan ke KPU Provinsi untuk diteruskan ke KPU RI.

“Memang ada yang rusak. Kita hanya menerima. Nanti kita laporkan ke KPU provinsi untuk diteruskan ke KPU RI,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu), Nuning Ritwanita Priliastuti, yang ikut langsung melakukan pengawasan, menegaskan, pengawasan yang dilakukan, apakah dalam proses pengiriman sesuai atau tidak serta melakukan pemantauan terhadap surat suara yang rusak.

“Kami tetap melakukan pengawasan. Apakah ada surat suara yang rusak atau proses pengiriman sesuai atau tidak,” kata Nuning.

Nuning menyesalkan tidak adanya pengawalan saat pengiriman surat suara dari Batang ke Salatiga. Pengawalan baru dilakukan, lanjut Nuning, setelah menurunkan surat suara di Salatiga.

“Ini patut kita sesalkan. Pengawalan baru dilakukan dari Salatiga sampai ke perbatasan Karanganyar. Dari perbatasan dengan kota Solo, dikawal oleh Polres Karanganyar menuju KPU,” tandasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Irawan

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners