Rekomendasi

Rawan Kekeringan, Dua Desa Terima Bantuan Sumur Bor

Jumat, 01 Februari 2019 : 23.58
KARANGANYAR - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan sumur bor kepada dua Desa di Kecamatan Jumantono. Dua desa yang menerima bantuan tersebut, masing-masing, Desa Tugu dan Desa Sringin. Masing-masing sumur bor ini dapat dimanfaatkan 2.200 orang.

Kepada hariankota.com serta awak media lain, Tenaga Ahli Menteri Bidang Kerjasama Kementerian ESDM, Sugita, yang didampingi Kepala Bidang Geologi Lingkungan Kementerian ESDM, Mochammad Wachyudi Memed, mengatakan, pemberian sumur bor ini merupakan program rutin setiap tahun dengan sasaran kawasan kekeringan dan kesuitan air bersih.

Menurutnya, bantuan sumur bor untuk kedua desa ini merupakan pengajuan pemerintah kabupaten Karanganyar tahun 2018 lalu. Kementeraian ESDM menargetkan pembangunan 600-an unit sumur bor di seluruh Indonesia pada 2019.

“Tahun ini kita berikan dua sumur bor untuk desa Tugu dan desa Sringin. Debit air di setiap lokasi diperkirakan 2 liter per detik," kata Tenaga Ahli Menteri Bidang Kerjasama Kementerian ESDM, Sugita, Jumat (01/02/2019).

Dijelaskannya, proses pembuatan sumur bor dimulai dari penyelesaian administrasi, seperti koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota, menentukan titik, konstruksi, seperti pembuatan sumur bor di Desa Tugu.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Desa (Kades) Tugu, Sujoko Prihantoro, menjelaskan, rencananya sumur bor di Desa Tugu dialirkan ke Dukuh Bulakrejo dan Tugu. Untuk sementara, lanjutnya, bantuan sumur bor ini belum dapat dimanfaatkan, karena belum ada program pemasangan pipa.

Disisi lain, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengingatkan agar dalam proses pembagian air jangan sampai menimbulkan masalah. “Pembagian air ini jangan sampai bermasalah. Semua harus dimusyawarahkan dengan baik. Soal pipa, nanti Pemkab akan membantu,” kata bupati.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi

Bagikan :

Video: Detik-detik Ledakan di Parkir saat Debat Capres ke-2 Berlangsung

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners