Rekomendasi

Semarak Jenang Sala Meriahkan 274 Tahun Usia Kota Kelahiran Presiden Jokowi

Minggu, 17 Februari 2019 : 16.29
Published by Hariankota
SOLO - Memasuki usianya ke 274 tahun, Kota Solo menggelar berbagai ragam acara untuk merayakan bersama masyarakat. Salah satunya Festival Semarak Jenang Sala digelar di Plaza Sriwedari, Solo, tepat di hari jadinya, Minggu (17/2/2019).

Kepada hariankota.com dan awak media lain, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solo, Hasta Gunawan mengatakan, dalam acara ini pihaknya menyajikan 17 jenis jenang yang masing - masing memiliki makna filosofis.

"Tema yang diangkat dalam festival jenang ini adalah, "Pesona Jenang Majemukan", para pengunjung secara gratis dapat menikmati jenang yang disajikan," terangnya.

Sebelum disajikan, secara simbolis puluhan putra - putri Solo berbusana tradisional Jawa mengawali membawa puluhan kendil terbuat dari gerabah berisi jenang dalam sebuah prosesi kirab berjalan kaki dari city walk Stadion Sriwedari menuju Plaza Sriwedari, sekira 500 meter jauhnya.

"Selain mencicipi jenang, pengunjung juga dapat mengikuti workshop mengolah jenang. Untuk mata acara ini kami bekerjasama dengan Indonesian Chef Association Surakarta," ujar Hasto.

Sementara untuk memperlihatkan dan mengenalkan tentang sejarah Kota Solo dan budayanya, masyarakat dapat berkunjung ke galeri sejarah Kota tempat kelahiran Presiden Joko Widodo ini di Ndalem Budaya Keratonan Surakarta.

Ditambahkan Hasto, untuk memeriahkan hari jadi Kota Solo, beberapa agenda jauh-jauh hari juga telah diselenggarakan yakni, Solo Great Sale yang akan berakhir pada 28 Februari.

"Untuk kegiatan lainnya, ada pagelaran wayang kulit yang diadakan di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo dan juga atraksi seni di Taman Jaya Wijaya, Jebres, yang berlangsung semalam (Sabtu-Red).

Jurnalis: Sapto Nugroho
Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More