Rekomendasi

Tolak Kampanye Hitam dan Golput dalam Pemilu 2019, Aktivis Milenial Turun ke Jalan

Minggu, 10 Februari 2019 : 14.54
SOLO - Ratusan anak muda tergabung dalam Himpunan Aktivis Milenial (HAM) Indonesia turun ke jalan menggelar aksi damai deklarasi menolak kampanye hitam berupa fitnah, propaganda, dan agitasi dalam kontestasi pemilu 2019.

Aksi deklarasi yang berlangsung di Car Free Day (CFD) tepatnya simpang empat Ngapeman, jalan Slamet Riyadi Solo, Minggu (10/2/2019) ini, sebelumnya diawali dengan fun walk (jalan santai) rame - rame, start dan finish di Kottabarat.

Koordinator Nasional HAM Indonesia, Asip Irama yang mengawal jalannya aksi, kepada hariankota.com menyampaikan, aksi di gelar sebagai bentuk keprihatinan anak - anak muda milenial, dimana menjelang pelaksanaan pemilu masyarakat sudah mulai terbelah.

"Dan, bahkan sampai pada kekerasan fisik, hingga terjadi ada pembunuhan, penghadangan, dan segala macam. Nah, hal - hal ini yang sangat kami sayangkan sehingga sebagai pemuda kami perlu menyatukan itu. Karena yang masih bisa diharapkan untuk menyatukan bangsa ini, tentu kaum pemuda, kaum milenial," katanya.

Menurut Asip, saat ini organisasi - organisasi keagamaan juga sudah terbelah sehingga tipis harapan untuk dapat menyatukan perbedaan ditengah kontestasi pilihan politik.

"Misalkan kami mau mengandalkan organisasi - organisasi keagamaan, justru organisasi - organisasi keagamaan, sekarang lagi pada tegang juga. Oleh karenanya kami mengambil peran. Sekecil apapun yang bisa kami berikan, akan kami lakukan itu," tegasnya.

Asip pun menepis jika ada yang menilai bahwa aksi damai yang dilakukan HAM di CFD Kota Solo bermuatan politis untuk kepentingan kelompok tertentu.

"Bisa dilihat, kami tidak pernah berafiliasi pada kepentingan politik kelompok tertentu. Kami jelas, keinginan kami (hanya) satu, menjadikan Indonesia yang damai, utuh tidak ada hoax yang disebarkan selama kontestasi pilpres serta tidak ada penggunaan isu agama," ujarnya.

Selain itu, HAM yang disebutkan Asip berkantor pusat di Jakarta ini juga mendorong agar generasi milenial tidak golput. Demi masa depan Indonesia yang lebih baik, anak muda harus menggunakan hak pilihnya dalam pemilu.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Bagikan :

Video: Sandiaga Uno Beri Sorban saat Bertemu Pendukung Jokowi

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners