Rekomendasi

Membludak, Karate Yuni Astuti Cup 2019 Seru

Senin, 18 Februari 2019 : 13.38
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate Inkado dan Open Championshif Yuni Astuti Cup 2019 berlangsung seru di Gedung Olahraga (GOR) Amongrogo, Yogyakarta. Kompetisi yang menjunjung sportifitas.

Ketua Umum (Ketum) Indonesia Karate-Do (Inkado) Daerah Istimewa Yogyakarta, Faried Jayen Soepardjan sempat kaget melihat antusias pemain. Terlebih, target peserta jauh melebih dari prediksi sebelumnya.

"Terus terang, kami kaget dengan jumlah peserta yang mencapai 447 pemain. Itu melebihi target, karena prediksi kami maksimal 350 orang, ini lebih," katanya, Senin (18/2/2019).

Selama pertandingan, para pemain memegang teguh aturan main dan sportifitas dalam berkompetisi. Begitu juga juri dalam kompetisi ini menjalankan tugas dengan baik. Faried melihat aura positif selama dalam kompetisi yang penuh semangat.

"Selama ini, event sekelas kejurda tidak sampai sebanyak ini. Ini sesuatu yang positif, bisa menjadi penyemangat bagi atlet-atlet karate agar terus berlatih," katanya.

Faried yang juga Ketua Umum Pemuda Pancasila DIY ini berharap agar pembinaan bagi atlet-atlet olahraga ini terus ditingkatkan sesuai porsinya. Ia juga melihat karate-karate junior di Kota Pelajar Yogyakarta ini cukup banyak.

"Kita lihat di Kejurna seperti O2SN atau Popnas, atlet karate DIY juga mewarnai di sana. Kita dorong yang anak-anak ini agar menjadi senior, atlet kita banyak mendapat medali dalam PON," katanya.

Ketua Dewan Pembina Inkado DIY Yuni Astuti optimis jika perkembangan karate di DIY sangat baik. Terlebih, setelah melihat antusias yang begitu tinggi dalam kompetisi ini.

"Ini baru kita gelar pertama, kedepan akan kita agendakan supaya rutin digelar," kata Yuni yang kini menjadi Caleg DPR RI dari PAN No 3 Dapil DIY.

Ia melihat Yuni Astuti Cup 2019 ini banyak bakat atlet karate yang cukup bagus. Apalagi, kompetisi ini tidak hanya diikuti dari Inkado saja, tapi hampir semua perguruan yang ada di Kota Gudeg Yogyakarta.

Yuni memiliki gagasan agar kompetisi seperti ini digelar kembali dengan kelas yang lebih tinggi, misalnya tingkat Nasional (Kejurnas). Ide itu akan dibahas dengan pengurus Forki (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia,red) dan seluruh perguruan karate.

Sebagai gambaran, dalam Kejurda Inkado 2019 ini juara umum I diraih Inkado Sleman dengan delapan emas, sembilan perak dan 15 perunggu.

Juara umum II diraih Dojo Singosaren denhan perolehan delapam emas, sembilan perak dan enam perunggu. Untuk juara umum III diraih Dojo BBG dengan memperoleh delapan emas, tiga perak dan emam perunggu.

Sementara untuk Open Championship, juara umum I dirah Forki Kota Yogya dengan 11 emas, enam perak dan empat perunggu.

Juara umum II dari Forki Bantul dengan enam emas, enam perak dan empat perunggu. Sedangkan juara umum III diraih Inkanas DIY dengan perolehan lima emas, tiga perak, dan 12 perunggu.

Jurnalis: Prabowo
Editor: Irawan

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More