Rekomendasi

Alami Peningkatan Aktivitas, BPBD Bagikan Masker ke Pengunjung Gunung Bromo

Sabtu, 16 Maret 2019 : 17.58
Published by Hariankota
MALANG - Gunung Bromo kembali menunjukkan tanda - tanda aktivitasnya dengan mengeluarkan asap vulkanis setinggi 600 meter pada Sabtu (16/3/2019).

Dari informasi posko pengamatan Gunung Bromo, aktivitas kegempaan juga terjadi beberapa kali gempa subduksi sehingga keluar asap putih tipis dari kawah. Bahkan sesekali asap vulkanis itu berubah warna menjadi kecoklatan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setyono menjelaskan meski adanya peningkatan aktivitas vulkanis di Gunung Bromo namun tetap aman asalkan berada di luar batas 1 km dari kawah.

"Sementara ini masih aman kita monitoring terus bersama tim dari PVMBG. Memang ada erupsi berupa hembusan abu vulkanis tadi pagi," beber Bagyo, Sabtu (16/3/2019).

Pihak BPBD sendiri telah memberikan masker kepada sejumlah pengunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang masuk dari pintu Kabupaten Malang.

"Kita sudah siapkan masker dan himbau pengunjung yang masuk untuk tidak mendekati kawah di radius 1 KM. Gunung Bromo ini sebaran abunya berganting kecepatan dan arah angin," jelasnya.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More