Rekomendasi

Apel Kebangsaan 'Pataka Satya Nagari', Ribuan Bendera Berkibar di Bukit Kemuning

Sabtu, 16 Maret 2019 : 20.31
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Ribuan bendera merah putih berkibar di bukit Kemuning, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Sabtu (16/03/2019). Sebelumnya, ribuan bendera ini diarak menuju bukit dan diiringi pembacaan puisi, Suatu Pagi di Bukit Kemuning karya Kuntet Dwi Kuranto.

Pengibaran ribuan bendera ini, merupakan rangkaian dari acara Apel Kebangsaan, dengan tema Amanat dari Desa untuk Indonesia, Gelar Pataka Satya Nagari.

Dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, bendera ukuran 30X20 meter dibentangkan di puncak bukit, sedangkan bendera kecil merah putih, dikibarkan di seluruh bukit. Usai pengibaran bendera, masyarakat mendapat siraman rohani dari KH Ahmad Muwafiq.

“Acara yang bertujuan mengajak seluruh komponen bangsa untuk selalu menguatkan rasa nasionalisme dan merawat NKRI dari potensi yang menyebabkan perpecahan,” kata penasehat Apel kebangsaan, Widadi Nur Widiyoko.

Menurutnya, acara tersebut melibatkan masyarakat dari lintas agama dan lintas komponen, yang ada di wilayah Ngargoyoso dan sekitarnya.

“Kita mengingatkan kepada seluruh anak bangsa, bahwa kebhinekaan yang ada di Indonesia adalah kekuatan utama untuk menjaga kedaulatan negara," ujarnya.

Dijellaskannya, bendera besar yang dibentangkan di puncak bukit, memiliki makna filosofis sebagai negara besar bernama Indonesia yang berpenduduk majemuk dan harus dijaga bersama agar selalu hidup berdampingan dengan rukun.

"Kegiatan ini tidak untuk mendukung salah satu pasangan calon paslon. Kami hanaya ingin mengajak masyarakat untuk tidak menjadikan pemilu sebagai sebuah pertentangan. Kita semua ingin maju bersama-sama,” tegasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Bagya Komang

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More