Rekomendasi

Bawaslu Sragen Temukan WNA Asal Belanda Terdaftar di DPT di Sragen

Rabu, 13 Maret 2019 : 01.21
Published by Hariankota
SRAGEN - Di Kabupaten Sragen, warga negara Belanda yang diketahui bernama Fransiscus Maria Kompenie, terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan umum tahun 2019.

Kompenie memiliki E-KTP beralamat di Sarirejo RT 13, Karangtengah, Kecamatan Sragen. Yang bersangkutan tercatat terdaftar sebagai pemilih di TPS 7 Karangtengah, Sragen.

Ketua Bawaslu Sragen, Dwi Budhi Prasetyo Selasa (12/3/2819), kepada awak media mengungkapkan, masuknya Kompenie dalam DPT Pemilu Sragen diketahui berdasarkan informasi dari provinsi.

"Sebenarnya ada 4 WNA yang terdeteksi ada di Sragen. Tapi hanya satu itu (Kompenie) yang masuk DPT. Yang bersangkutan juga punya E-KTP Sragen. Karena dia posisinya WNI dan bolak-balik Sragen Belanda, maka E-KTPnya warna kuning," ungkapnya.

Menurut Dwi, Kompenie belum pindah kependudukan dari Belanda ke Indonesia. Temuan itu, lanjut Dwi, pihaknya telah mengirimkan surat rekomendasi dan berkoordinasi dengan KPU agar dilakukan pencoretan dari DPT.

Kemudian tidak diberi formulir pemberitahuan mencoblos atau C6 dan tidak diberikan hak mencoblos.

Mengenai lolosnya WNI dalam DPT, menurut Dwi, karena beberapa faktor. Bisa jadi, DPT yang digunakan berdasarkan hasil coklit Pilgub 2018 dan petugas coklit dimungkinkan tidak mendatangi yang bersangkutan secara langsung.

"Atau salah dalam input data bahwa yang bersangkutan adalah WNA dan dimasukkan dalam DPS dan DPT. Temuan ini sudah ditindaklanjuti oleh KPU Sragen,” ungkasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More