Rekomendasi

BPK Cek Kendaraan Dinas Pemkab Karanganyar, Ada Apa?

Selasa, 26 Maret 2019 : 22.30
Published by Hariankota
KARANGANAYAR - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Jawa Tengah, melakukan pemeriksaan terhadap ratusan kendaraan baik roda dua maupun roda empat milik Pemkab Karanganyar.

Satu persatu kendaraan dinas ini diperiksa BPK di halaman gedung wanita Karanganyar, Selasa (26/03/2019).

Kepala bidang asset daerah Badan Keuangan Daearah (BKD) Pemkab Karanganyar, Sri Asih Handayani, kepada hariankota.com, serta awak media lain, mengatakan, BPK melakukan pemeriksaan keuangan daerah.

Salah satu yang diperiksa adalah aset Pemkab. Seluruh kendaraan yang ada, menurut Asih, seluruhnya diperiksa oleh BPK.

“Data tertulis aset Pemkab dicocokkan dengan kondisi fisik. BPK hanya melakukan pemeriksaan apakah sesuai dengan data atau tidak. Mereka tidak memeriksa apakah pajaknya mati atau hidup,” jelasnya.

Selain pemeriksaan oleh BPK, lanjut Asih, biasanya secara internal Pemkab juga melakukan pengecekan secara berkala, yakni kisaran 2–3 tahun sekali. Mengenai kendaraan yang mengalami kerusakan, meneurut Asih, sepenuhnya menjadi kebijakan pimpinan.

“Bagi kendaraan yang rusak, tergantung kebijakan pimpinan, serta disesuaikan dengan anggaran yang ada. Kalau sudah waktunya diganti, akan kita ganti sesuai dengan mekanisme penghapusan barang milik daerah,” tandasnya.

Sementara itu, ketua tim pemeriksa BPK perwakilan Jawa Tengah, Hery Prasetyo, menjelaskan, pemeriksaan kendaraan ini, satu rangkaian terhadap pemeriksaan laporan keuangan daerah dan rutin dilakukan sesuai dengan amanat undang-undang.

“Pemeriksaan ini masih satu rangkaian dengan pemeriksaan laporan keuangan Pemkab Karanganyar. Salah satu yang menjadi objek pemeriksaan adalah kendaraan dinas. Kendaraan dinas ini kita periksa, apakah masih terdaftar di aset daerah atau tidak,” ujarnya singkat.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners