Rekomendasi

Buka Rakornas Baznas di Solo, Wapres Ingatkan Pengelolaan Zakat

Selasa, 05 Maret 2019 : 03.14
SOLO - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka agenda tahunan gelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Pendapi Gede Balaikota Solo, Senin (4/3/2019) malam.

Pantauan hariankota.com, selain membuka Rakornas, Jusuf Kalla pada kesempatan ini juga memberi arahan tentang bagaimana pengelolaan zakat dan sedekah Baznas ke depan, serta perannya dalam mewujudkan Indonesia sebagai salah satu pusat ekonomi Islam dunia.

"Dalam ekonomi Islam itu yang terpenting adalah kepercayaan masyarakat. Jadi kalau orang menyimpan uang disini (Baznas -red) maka (nanti) bisa disalurkan dengan sistem Syariah," kata JK.

Sedang untuk Zakat, JK menyebut, dalam penerimaannya tidak ada yang digunakan untuk pembangunan. Kepentingannya yang pertama adalah bagi fakir miskin, dan kedua untuk amil zakat.

"Misalnya, seperti untuk membiayai sekolah anak warga miskin, dan yang lainnya " terang JK yang hadir didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Sementara, Ketua Baznas Bambang Sudibyo menyampaikan, agenda Rakornas sendiri akan membicarakan sejumlah isu penting mengenai pengelolaan zakat di tanah air. Di antaranya peran zakat dalam mendorong Indonesia sebagai salah satu pusat ekonomi Islam di dunia.

“Zakat memegang peran penting. Ini nanti akan dibahas bagaimana implementasinya,” katanya. Selain itu, dalam Rakornas tahun ini juga akan membahas agenda rutin, seperti upaya peningkatan pengumpulan zakat nasional dan pemerataan distribusi zakat.

Meski selama beberapa tahun terakhir dua hal itu telah mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan, namun menurut Bambang Baznas perlu terus meningkatkan kinerjanya.

“Idealnya, zakat bisa diperlakukan seperti pajak. Ini yang belum tercapai. Kalau bisa (seperti pajak), saya yakin pengumpulan zakat akan meningkat signifikan sekali,” pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor; Jumali

Bagikan :

Video Amatir Hujan Deras Pemukiman Warga di Lereng Candi Cetho Terkena Limpahan Air

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners