Rekomendasi

Buntut Pilkades, Perangkat Desa di Karanganyar Dipolisikan Warga

Rabu, 20 Maret 2019 : 20.30
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Pemilihan kepala desa (Pilkades) yang beru saja berlangsung di Karanganyar, menyisahkan persoalan. Salah seoarang perangkat Desa Sumberejo, Kecamatan Kerjo dilaporkan ke Polisi. Pasalnya, perangkat desa tersebut diduga menghina warga melalui grup WhatsApp.

Kasus tersebut dilaporkan ke Reskrim Polres Karanganyar oleh Kristanto, Selasa (19/03/2019). Informasi yang dihimpun hariankota.com, sejumlah saksi, yakni Teguh dan Supadi, telah di mintai keterangan oleh penyidik Reskrim Polres Karanganyar.

Peristiwa bermula dari pada saat Pilkades Desa Sumberejo, Kecamatan, Kerjo, salah satu perangkat Desa yang berinisial I menyuruh Sumarno untuk memposting tulisan;

"Ayooo koncoku kabeh, suk mben nyoblos gambare Pak Topo, genah wis nyoto ojo melu melu karo wong sing ora cetho mengko mundak kuciwo waktune mung kari pirang ndino".

Postingan tersebut telah di unggah ke grup WA Pemuda Dumpul Desa Sumberejo, Kecamatan Kerjo. Tulisan inilah yang membuat masyarakat merasa terhina. “Postingan yang tersebar di grup WhatsApp ini yang membuat masyarakat merasa dilecehkan,” kata Sogol Sadino, tokoh masyarakat setempat, Rabu (20/03/2019).

Dijelaskannya, pada saat kejadian kasus tersebut, massa sempat memanas. Terlapor pada malam hari sekitar jam 21.00 sempat di arak oleh puluhan masyarakat yang emosi.

“Saya meminta kepada masyarakat untuk menahan diri dan tidak main hakim sendiri, karena situasi menghadapi Pilkades saat itu. Jika memang ada pelanggaran hukum, nanti kita serahkan kepada pihak yang berwajib atau yang berwenang,” ujarnya.

Setelah proses Pilkades selesai, lanjutnya, masyarakat akhirnya melaporkan kasus tersebut dengan perwakilan satu orang pelapor atas nama Kristanto dan dua saksi Teguh dan Supadi. Pelapor dan saksi hanya perwakilan dari ratusan masyarakat yangg merasa dilecehkan.

Sementara itu, hingga saat ini, belum ada keterangan dari I selaku terlapor. Saat dihubungi hariankota.com melalui telepon selularnya, tidak ada jawaban dari yang bersangkutan.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners