Rekomendasi

Digempur Game Online, Permainan Tradisional Anak Terpinggirkan

Sabtu, 30 Maret 2019 : 22.31
Published by Hariankota
SOLO - Seribuan anak - anak siswa Sekolah Dasar (SD) dari berbagai sekolah di Soloraya mengikuti ajang lomba permainan tradisional anak yang jarang atau sama sekali tidak dikenal oleh anak - anak jaman sekarang.

Permainan yang dulu sangat akrab dengan keseharian orang tua mereka dikala berkumpul dengan teman ini, kini mulai terpinggirkan. Sudah jarang dijumpai dimainkan oleh anak - anak umur 10 - 14 tahun di jaman sekarang.

Ketergantungan orang dewasa pada alat komunikasi dengan beragam aplikasi didalamnya ternyata juga berimbas pada perilaku anak. Kecenderungan di jaman yang disebut era digital, telah merubah anak lebih senang bermain game online dengan gadget dibanding bermain dengan teman - temannya.

"Melalui ajang lomba ini, anak - anak kembali di upayakan mencintai permainan tradisional seperti balap karung, gobak sodor, betengan dan beberapa permainan lain yang membutuhkan kebersamaan dalam memainkannya," terang Muji Sarjono GM Human Capital and General Affair PT Madurasa Unggul Nusantara kepada hariankota.com dan awak media lain disela acara lomba di Balekambang, Solo, Sabtu (30/3/2019).

Lomba permainan tradisional yang dikemas dengan nama Fitolimpic ini, menurut Muji merupakan sebuah kompetisi untuk anak - anak, bertujuan menggerakkan seluruh anggota badan, bukan hanya jari jemari yang memainkan gadget, seperti trend hobi anak - anak sekarang.

“Kalau mau jujur, banyak anak-anak mainan gadget di rumah yang berusia sekitar 10 hingga 14 tahun. Nah, melalui ajang ini kita rangsang mereka keluar rumah melakukan olahraga dengan permainan tradisional. Sekaligus memasarkan lagi permaian tradisional ini,” ujarnya.

Beberapa permainan tradisonal tersebut, antara lain, Gobak Sodor, Bola Gebok, Balap Karung Estafet, Engklek (Taplak Gunung), Betengan dan permainan lainnya.

“Intinya kita mensupport lomba permainan tradisional yang tertinggal dengan permainan modern. Kami mengundang beberapa SD di wilayah Soloraya untuk melakukan permainan ini, sekaligus memupuk semangat anak membangun kebersamaan,” terangnya.

Dikatakan Muji mengingat permainan ini menguras tenaga dan pikiran, maka melalui ajang kegiatan ini, pihaknya juga mempromosikan produk herbal penjaga stamina anak yakni, Madurasa Fitkidz.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Rahayu

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners