Rekomendasi

DPRD DIY Harap Dana Kelurahan untuk Pemberdayaan

Kamis, 14 Maret 2019 : 13.28
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Komisi A DPRD DIY berharap kucuran dana kelurahan dari pemerintah pusat bisa dipergunakan dengan bijak untuk kesejahteraan masyarakat dan pembangunan infrastruktur.

Terdapat 45 kelurahan di Kota Yogyakarta dan satu kelurahan di Kabupaten Kulon Progo yang akan menerima data tersebut. "Dari 45 kelurahan di Kota Yogya dan satu kelurahan di Kulon Progo, masing-masing mendapatkan dana Rp 352.941.000," kata Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto pada wartawan.

Hal itu disampaikan usai acara Focus Group Discussion (FGD) bertema Monitoring dan Evaluasi dalam pelaksanan Dana Kelurahan dan Desa 2019 di Gedung DPRD DIY pada Rabu, 13 Maret 2019 sore kemarin.

Dalam diskusi yang dihadiri Biro Tata Pemerintahan DIY, LSM, serta sejumlah perangkat desa dan kelurahan se-DIY itu terdapat beberapa rekomendasi dari dewan.

Salah satunya diharapakan kepada Pemda DIY berkoordinasi dengan Pemkot Kota Yogya dan Kabupaten Kulon Progo agar mempercepat pembahasan dan pelaksanaan dana kelurahan.

Politisi PDI Perjuangan ini juga berharap dengan adanya dana itu untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Konsep pemberdayan masyarakat diharapkan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

Eko menyampaikan kucuran dana itu sudah menjadi komitmen dan kebijakan Presiden Joko Widodo untuk menjamin pembangunan di tingkat kelurahan. Hal itu tak jauh beda dengan komitmen pemerintah dalam memberi dana untuk tingkat desa.

Sesuai Permendagri 130 tahun 2018, dana kelurahan yang baru akan cair di tahun politik 2019 ini untuk kesejahteraan masyarakat dan pembangunan infrastruktur.

Eko meminta dana kelurahan harua disosialisasikan secara baik pada masyarakat. Diharapkan peran dan partisipasi masyarakat dalam mengelola dana itu sesuai dengan tujuan.

Senada juga disampaikan Kepala Bagian Bina Kelurahan dan Kecamatan Biro Tapem Pemda DIY Wahyu Nugroho. Pihaknya meminta agar penggelolan dana itu dimanfaatkan untuk kesejahteran untuk masyarakat.

Dalam kesempatan itu, perwakilan dari beberapa kelurahan juga berharap agar segera dibuat aturan secara rinci dalam mengelola dana tersebut. Sebab, saat ini beum ada kejelasan secara rinci terkait tugas dan fungsi dalam mengelola dana tersebut.

Jurnalis: Danang Prabowo

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More