Rekomendasi

Formulir A 5, Pemilih Pindahan dapat Gunakan Hak Suara dalam Pemilu

Rabu, 20 Maret 2019 : 13.39
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Pemilih yang tidak bisa mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) daerah asal dan ingin menggunakan hak pilihnya di daerah lain, wajib mengajukan formulir A5 sebagai surat pengantar untuk Pemilu 17 April 2019.

Setelah mengurus formulir A5, KPU akan menempatkan pemilih di TPS yang paling dekat dengan tempat tinggalnya. Hanya saja, pemilih pindahan ini, hanya dapat menggunakan hak pilih dalam pemilihan presiden saja.

Hal tersebut dikatakan Komisioner Komisi pemilihan Umum (KPU) Divisi Perencanaan Program dan data Informasi, Kustiyono, kepada hariankota.com serta awak media lain, Rabu (20/03/2019).

Menurut Kustiyono, pergerakan permohonan formulir A5 di Karanganyar hingga penutupan pelayanan pada atanggal 17 Maret 2019 lalu, cukup tinggi. Permohonan formulir A% ini, lebih didominasi oleh para pelajar, mahasiswa dan karyawan yang berasal dari luar kota Karanganyar.

“Kita pastikan, bahwa mereka yang berasal dari luar kota, tetap dapat menggunakan hak pilihnya. Perlakuan formulir A5 ini juga akan berbeda, termasuk kotak suara,” kata Kustiyono.

Saat ini, lanjutnya, KPU masih melakukan rekapitulsai jumlah pemilih yang masuk dan keluar menjelang pemilu tahun 2019 mendatang. Pergerakan DPTb masuk maupun keluar, mempengaruhi DPT, namun tidak merubah DPT.

Dijelaskannya, Daftar Pemilih Tetap hasil Perbaikan tahap kedua sebanyak 695.027 pemilih. Sedangkan untuk kebutuhan surat suara, Kustiyono mengungkapkan, DPHTP tahap dua, ditambah dua persen, kemudian ditambah DPTb yang masuk. Maka dapat diperoleh angka 710.000 calon pemilih.

Sementara itu, Fuad salah satu warga Cilacap, ketika mengajukan permohonan formulir A5 di KPU Karanganyar, mengungkapkan, untuk mengurus formulir tersebut, cukup mudah.

Dengan menunjukkan KTP dan kartu keluarga, jelas Fuad, permohonan formulir A5 langsung bisa dilayani. Hanya saja, menurutnya, sosialisasi masih kurang mengenai mengurus formulir ini.

“Sebenarnya mudah. Tapi saya akui memang kurang sosialisasi,” ujar Fuad yang akan menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan presiden di Desa Papahan, Kecamatan Tasikmdu ini.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners