Rekomendasi

Jelang Peringatan Kenaikan Tahta PB XIII, Ganjar Ikut Bersihkan Keraton Solo

Jumat, 29 Maret 2019 : 13.09
Published by Hariankota
SOLO - Sejumlah elemen dari berbagai instansi bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menggelar kegiatan bersih - bersih Keraton Surakarta Hadiningrat menjelang upacara peringatan kenaikan tahta ke-15, Sri Susuhunan Pakubuwana (PB) XIII.

“Hari ini kita gelar resik-resik Keraton Surakarta Hadiningrat. Ini ribuan masyarakat kumpul, untuk bersama-sama membuat Keraton Surakarta jadi bersih dan kinclong,” kata Ganjar ditengah masyarakat yang berkumpul dihalaman Keraton, Jum'at (29/3/2019).

Pantauan hariankota.com, tak hanya Gubernur Jateng, acara ini juga diikuti Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi, Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo dan sejumlah pejabat lainnya.

Mereka membaur bersama membersihkan sudut demi sudut keraton. Bahkan, Ganjar bersama Kapolda menaiki menara lonceng yang ada di depan halaman Keraton, membersihkan rumput liar dan juga dedaunan kering yang berserakan.

“Ini akan kita jadikan momentum kebangkitan Keraton Surakarta. Mudah-mudahan nanti orang akan berbondong-bondong datang ke sini baik untuk wisata atau mempelajari kebudayaan,” tambahnya.

Ganjar pun menjanjikan, pihaknya akan membantu Keraton Surakarta agar bisa bangkit kembali. Tidak hanya persoalan administrasi, namun juga bantuan personil, anggaran, perencanaan pembangunan dan sebagainya.

Pada kesempatan itu, Ganjar juga meyerahkan bantuan keuangan sebesar Rp 225 juta yang diterima langsung oleh Paku Buwono XIII. “Kami ingin agar sistem kembali berjalan, aktivitas berjalan dan Keraton Surakarta akan menjadi bagian dari pendidikan budi pekerti kepada masyarakat,” tegasnya.

Menyinggung pembangunan perbaikan Keraton Surakarta dari segi fisik, Ganjar mengatakan, hal ini sudah masuk dalam perencanaan Kementerian PUPR.

“Bantuan lain seperti bantuan keuangan dari kami juga sudah ada, tadi sudah kami berikan. Yang paling penting saat ini adalah menumbuhkan kembali spirit Handarbeni dari masyarakat terhadap Keraton ini,” ujarnya.

Sementara itu, mewakili keluarga Keraton, KGP Haryo Dipokusumo mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada semua pihak yang telah berjuang demi kebaikan Keraton Surakarta.

“Semua telah berjuang untuk mengembalikan kejayaan Keraton Surakarta Hadiningrat yang kita cintai ini. Kegiatan resik-resik Keraton ini mencerminkan bentuk kerukunan, semangat gotong royong antar masyarakat," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Rahayu

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners