Rekomendasi

Komplek Pemakaman Warga Tergerus Air Sungai, Lima Kuburan Terpaksa di Bongkar

Minggu, 17 Maret 2019 : 18.07
KARANGANYAR - Lima kuburan warga yang berada di Dusun Bendungan Rt 04 Rw Desa Klodran, Kecamatan Colomadu, terpaksa harus dibongkar dan dipindahkan ke lokasi pemakaman lain.

Pasalnya, kuburan warga yang berada di tebing sungai tersebut, tergerus aliran Kali Pepe. Warga telah melaporkan tergerusnya kuburan warga ini, baik kepada pihak kecamatan mauun PSDA, namun belum mendapat tanggapan.

Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Klodran, Mulyana, kepada hariankota.com Minggu (17/03/2019) mengatakan, tergerusnya lokasi pemakaman milik warga ini, akibatnya hilangnya bamboo sebagai penahan air sungai, ditebang untuk normalisasi Kali Pepe.

Proyek yang terhenti, mengakibatkan aliran sungai menggerus tebing yang mengakibatkan tanah kuburan longsor.

“Sebelumnya kan ada pohon bambu sebagai penahan air. Namun pohon bambu tersebut ditebang untuk kepentingan proyek. Akibatnya, tidak ada lagi penahan air. Jika hujan deras, air sungai yang cukup deras langsung menggerus tebing pemakaman milik warga,” kata Mulyana, Minggu (17/03/2019).

Menurut Mulyana, warga melalui kepala dusun, teah menyampaikan persoalan ini kepada pemerintah kecamatan serta pelaksana proyek normalisasi Kali Pepe, namun sampai saat ini, belum ada tanggapan.

“Warga melalui kepala dusun telah menyampaikan ppersoalan ini kepada Kecamatan dan pelaksana proyek. Tapi sampai skarang belum ada tindakan. Kami tidak tahu, apakah masih dalam proses atau bagaimana,” ujarnya.

Mulyana juga meminta kepada pihak terkait, agar segera membuat tangguk sebagai penahan air. Jika tidak, jelasnya, maka makam warga ini akan hanyut.

Tapi kami minta agar segera dibuatkan tanggul lagi. Kalau tidak, maka makam akan hanyut. Tidak hanya makam yang kena, tapi juga pemukiman warga,” tandasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Amatir Hujan Deras Pemukiman Warga di Lereng Candi Cetho Terkena Limpahan Air

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners